[Jaringan] Hardware Jaringan Komputer


Selamat Pagi .!

Setelah kemarin kita telah belajar tentang Jaringan komputer dam macam-macamnya, untuk selanjutnya saya akan menjelaskan tentang peralatan/hardware yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Tentunya kita sudah mengetahui ya apa perbedaan dari software dan hardware, untuk sedikit mengulas pengetahuan kita, software yaitu perangkat lunak yang digunakan sebagai jembatan antara pengguna/user dengan hardware dalam komputer kita, sedangkan hardware adalah sesuatu alat keras atau berbentuk nyata yang harus ada bila ingin membuat sebuah kinerja komputer menjadi maksimal. Tentunya harus ada sinkronisasi yang pas antar hardware dan software yang harus dimengerti. 

Langsung saja, hardware yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer antara lain yaitu :

1. LAN CARD
Hardware ini harus ada ketika kita akan membangun sebuah jaringan, LAN CARD ini biasa disebut juga dengan nama NIC ( Network Interface Card )  fungsi utama NIC ini adalah sebagai wadah dari konektor yang merupakan hardware yang lain dalam kebuuhan sebuah jaringan, jadi Nic ini wajib ada bila menginginkan jaringan komputer yang kita buat.

2. Konektor RJ45
Konektor RJ45 ini merupakan suatu komponen yang berfungsi pengkoneksi antar NIC seperti yang saya utarakan diatas. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai konektor Rj45 dan Rj-Rj yang laian akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

3. Kabel UTP 
Kabel UTP merupakan kabel pin yang terdiri dari 8 buah warna yang berbeda, penggunaan kabel UTP lebih memungkinkan dalam mebangun sebuah jaringan daripada kita harus menggunakan Kabel Coaxial yang kecepatan transfernya 10 kali lebih lambat daripada kabel UTP. 

4. Switch / Hub
Pada dasarnya tidak ada perbedaan fungsi antara menggunakan hub/switch, namun seiring dengan perkembangannya, orang lebih banyak menggunakan switch daripada hub, karena switch lebih pintar dalam melakukan pekerjaannya. sehigga sekarang peran Hub seaakan telah tergantikan oleh switch. Untuk prinsip kerjanya hub/switch ini berfuungsi sebagai perantara antar komputer yang lebih dari 2. dengan menggubnakan switch/hub ini kita bisa membuat topologi yang lebih menguntungkan dan lebih efisien.

5. Modem

salah satu komponen yang dibutuhan untuk koneksi internet yaitu kita harus mempunyai modem. Modem ini berfungsi mengubah sinyal digital menjadi analog, ataupun sebaliknya.

Terima Kasih.!

Keyword : Jaringan Komputer, Hardware Jaringan Komputer , Hardware , Software.




3 comments

Selamat malam Mas Benu salam kenal sebelumnya mampirr di blog keren
Sekaligus blogwalking nih Mas mampir lagi di blog saya makasih

Balas

Bisa belajar komputer saya di Mas ini yah

Balas

Wah . . .Terima kasih Maz Kariz kunjungannya . . .

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon