[Komputer] Computer Aided Instruction (CAI)


Selamat Pagi .!
Computer Aided Instruction (CAI) Merupakan penggunaan komputer yang dkhususkan untuk belajar siswa. Pada intinya menurut pengamatan dan analisis saya sendiri, CAI merupakan sebuah media belajar siswa dengan komputer, dimana didalamnya terdapat materi pelajaran, baik bisa berupa gambar, suara, video ataupun teks. Seiring dengan semakin berkembangnya sistem komputer itu sendiri, CAI semakin banyak digunakan disekolah-sekolah maupun di instansi dan merupakan media yang sangat disenangi di kalangan pelajar. Misalnya pada simulasi pembuatan SIM, ada sebuah game yang dimana didalamnya tersebut ada cara-cara bagaimana kita bisa menjadi seorang sopir kontainer/truk lainnya, dan sebagai contoh lain misalnya seperti pengenalan nama-nama buahataupun nama-nama hewan serta anggota-anggota tubuh pada Pendidikan Anak Usia Dini yang sampai saat ini merupakan media belajar yang sangat diminati dikalangan anak-anak. CAI sangat efektif dan efisien bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional. Untuk memperoleh efektifitas yang tinggi, pengembangan suatu CAI perlu perencanaan yang baik dan matang. Sehingga tidak akan mudah ditinggalkan oleh penggunanya karena pengguna mungkin akan pindah ke lain program, kebanyakan salah satu faktor utamanya yakni BOSAN.

Baca Juga : Berbagai Cara mengatasi Flashdisk Error/Rusak

Ada Aksi Pasti ada reaksi, itu memang hukum yang berlaku. Semakin berkembangnya CAI di kalangan pelajar. Disatu sisi memang sangat menguntungkan, namun disisi lain pastilah ada efek negatif yang diimbulkan dari adanya CAI tersebut. Namun dari beberapa pengungkapan yang akan saya paparkan disini adalah beberapa keunggulan, kenapa demikian, karena saya mengangkat tema CAI ini untuk memperkenalkan dan menyebarluaskannya. Jadi, kalau saya memaparkan keburukannya pastilah oramg-orang atau kawand-kawandku tidak akan menyukainya dan justru akan meninggalkannya. Maka, sia-sia donk aku menulis artikel tapi kalau pembacanya tidak tertarik. Nah, langsung saja, Menurut Bright (1983: 144-152), bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional, CAI sangat efektif dan efisien.       Anak didik akan belajar lebih cepat, menguasai materi pelajaran lebih banyak dan mengingat lebih banyak dari apa yang sudah dipelajari. Dalam studi meta analisisnya terhadap hasil-hasil penelitian tentang efektifitas CAI selama 25 tahun, Kulik dkk.(1980: 525-544) menyimpulkan bahwa: 
  • Siswa belajar lebih banyak materi dari komputer (melalui CAI)
  • Siswa mengingat apa yang telah dipelajari melalui CAI lebih Lama  
  • Siswa membutuhkan waktu lebih sedikit    
  • Siswa lebih betah di kelas   
  • Siswa memiliki sikap lebih positip terhadap komputer
Merasa tertarik, kalau aku sih banget kawand, Namun juga harus diperhatikan  bahwa pembuatan CAI harus bisa seefektif mungkn dan semenarik mungkin agar disenangi oleh pelajar, apalagi yang masih anak-anak, seperti yang sudah saya tuliskan diawal paragraf, sehingga tidak menjadikan penggunannya BOSAN. Dari beberapa efektivitas yang dapat ditwarkan oleh CAI, pembuatan bisa berupa beberapa tipe yang terdapat dalam CAI. Beberapa tipe CAI ini yakni :

a. Drill and Practice (Latihan dan Praktek) 
Tipe Drill and Practice menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang matematika atau faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada Drill and Practice, komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan nilai, contoh jawaban yang salah dan pengulangan dengan contoh-contoh masalah yang telah dijawab secara tidak benar.

b. Tutorial
     Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.

c. Simulation (simulasi)
Tipe simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya.

d. Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh. Program ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah, analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini akan membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka.

e. Instructional/ Educational Games 
   Tipe Instructional atau Educational Games merupakan program yang menciptakan kemampuan  pada lingkungan permainan. Permainan diberikan sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Terima Kasih . !
Tag : Komputer
33 Komentar untuk "[Komputer] Computer Aided Instruction (CAI)"

kalo di saya mah CAI itu AIR mas :d
cuma bisa nyimak aja mas belum paham mudah-mudah setelah membaca postingan ini bisa mendapatkan pencerahan tentang Computer Aided instruction ini :)

saya belum paham mas... CAI baru paham, air khan :d

kok air sih maz . . .
CAI itu maksudnya komputer yang ada aplikasiny untuk kalangan pelajar maz

lohh kok sama tuh maz sama maz marnez . .. .pasti satu daerah ya (tuh sok tahunya kumat) hehehehe . . .
bersabar saja ya maz

jadi belajarnya jdi fun ya Mas..!

CAI ini apa sudah ada di Indonesia..sepertinya aku baru dengar istilah ini...
keep happy blogging always,,salam dari makassar ;-)

saya malah lebih farah bang...dua kali baolak balik baca ngga ngerti juga...apa karena kita ini udah tuwa kali ya bang... (f)

selamat malam mas ibnu, berkunjung di malam hari untuk ikut meramaikan blog ibnu ibnu ;)

Terus terang saya baru tau malah tentang CAI ini :) , Terimakasih sharenya Maz :)

bahasannya tinggih nih.. kagak ngerti.. hhi..
maaf ya gan baru bisa kunjungan.. :)

CAI memang bisa membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran yang dibahas. waktu kuliah saya pernah dapat software untuk belajar mandarin, dan sampai sekarang, walaupun banyak yang lupa, tapi saya masih ingat bahasa mandarinnya 1-5. i, er, san, se, wuu, lie.. hahhaa...

bnerr banget maz , , ,jadi enak dan nyaman =

sudah lumayan ada maz di sekolah sekolah ternama . . .seperti lab bahasa itu lho maz , ,dsb

hehehe , , ,thanks ya mbak

iya maz heri . .sama sama

iya maz irpan , , ,gak apa apa kok ya

wahh mantep tuh bahasa mandarinnya maz . . .
langsung ke jepang aja maz . . .xixixix

Suatu pembelajaran yang penting sekali nih Mas Ell
saya belum tau sampai kesitu, ijin belajar yah Mas Ell Ibnu makasih

wah jadi sistem pembelajaran yg baru yah, smoga sih udah cocok nih diterapkan di sekolah2 di indonesia..

makin keren aja mas postingan nya sangat mencerahkan bagi yang sedang belajar komputer ya ;)

ikut menyimak pelajaran komputer hari ini mas ell

kunjungan pagi ke mas Ell, baca2 artikel menarik seputar Komputer, hehehe...

maz kariz niy bisa aja dah , ,

hehe , ,sudah lumayan berkembang mbak di indonesia . . .

terima kasih ya mbak ririn . . .

kalau yang nyimak mbak elsa , , ,jadi minder dah . . x-)

silahkan maz hanif , ,mau dibaca , , , atau disimak juga gpp kok ya , ,hehehe

Jadi CAI ini penting banget ya mas keberadannya... biarpun saya agak kurang mengerti, tapi ya dikit-dikit paham kok.. hehe
btw, maaf nih baru bisa berkunjung ;((

jadi binggung nih.. kok bisa mikir air

Untuk lebih jelasnya CAI itu bahasa sundanya air, begitu maksud kang marnes, mas ell...

hhhhh , , ,tambah kosakata lagi dah bahasa sundanya aku , , , hehehe

hehehe , , , mulanya juga gitu aku maz ucup .. . tapi udah dijelasin tuh di atas

hehmzzz ,, , , iya maz ucupp . . . aku juga baru nongol kok ini . .

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top