[Komputer] Struktur Hardware Komputer

STRUKTUR HARDWARE KOMPUTER


Selamat Pagi .!

Hardware Komputer merupakan suatu perangkat keras yang dapat dilihat diraba dan bahkan bisa dirasakan keberadaanya yang sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah komputer. Komponen antar hardware inilah yang akan tersusun menjadi satu kesatuan fungsi yang terjalin antar masing-masing komponen. Seandainya salah satu komponen tidak ada, maka ibarat ada sesuatu anggota tubuh kita ada yang hilang, atau  bisa dikatakan cacat.

Dalam segi fungsi yang diperankan oleh hardware ini ada beberapa macam fungsi, yang mendasar bagi sebagian hardware, fungsi-fungsi ini yang akan membangun satu kesatuan yang utuh dalam membangun sebuah komputer yang normal atau bisa dikatakan tanpa cacat. Fungsi-fungsi tersebut antara lain :

1. Fungsi Input/ Peralatan Input
Yaitu hardware yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data kedalam komputer sehingga dapat langsung diproses. contoh alat inputan ini antara lain yaitu mouse, keybord, joystick dan lain-lain.

2. Fungsi Pemroses/Peralatan Pemroses
Yaitu hardware yang berfungsi menampung segala sesuatu yang diinputkan oleh user/pengguna untuk selanjutnya diproses sehinggan menghasilkan sebuah output. Contoh peralatan pemroses ini antara lain yaitu Procesosor yang didukung oleh motherboard dan perangkat yang lainnya.

3. Fungsi Penyimpanan?Peralatan Penyimpanan
Yaitu hardware yang berfungsi untuk menyimpan suatu data pemrosesan yang berlangsung, jika ditinjau dari waktu penyimpanannya maka ada dua macam penyimpanan ini, yang pertama yaitu penyimpanan yang bersifat sementara seperti RAM. Dan yang kedua adalah penyimpanan yang bersifat permanen atau tetap misalnya disket zaman dahulu, DVD ataupun harddisk dan lain lain.

4. Fungsi Output/Peralatan Output
Yaitu peralatan yang berfungsi sebagai hasil suatu pemrosesan. output ini meliputi bebarapa hardware yang terkait, misalnya monitor, printer, proyektor dan lain-lain.

Terima Kasih.!


Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon