[Jaringan] Gateway Ataukah Router .?

Gateway
Image By : www.awinsoft.com

Selamat Siang .!
Gateway, Sering kita mendengar nama ini di kalangan dunia komputer dan jaringan komputer, terkadang gateway disamakan dengan Router. Memang bila di definisikan secara singkat, tugas Gateway dan Router ini hampir sama, namun kehampirsamaan ini jelas bukan menjadi acuan untuk kita langsung memvonis bahwa Router dan Gateway ini sama. Sekedar cerita dulu sebelum saya dapat pencerahan tentang perbedaan dari Gateway dan Router ini, saya beradu mulut dengan teman sekelas saya, kejadian ini mengingatkan betapa bodohnya saya, sampai sekarang juga masih begitu sebenarnya, hehe. Dari kejadian itulah kemudian saya mencari apa sebenarnya perbedaan dari Router dan Gateway yang sesungguhnya. Dari beberapa refrensi yang saya ambil ada pengklasifikasian yang bermacam-macam. Diantaranya :
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama. from http://daristkj.blogspot.com
Dari pengertian diatas, memang hampir mirip dengan pengertian dari Router bila kita membacanya sekilas saja. Padahal Gateway lebih merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

Kemudian untuk dapat kita mempelajari sebenarnya, apa beda dari Gateway dan Router yang sebenarnya, disini ada beberapa pengertian yang mungkin bisa lebih mendetailkan perbedaan tersebut :
Gateway adalah komputer yang bertugas sebagai pengkonversi protokol antara tipe jaringan yang berbeda ataupun aplikasi yang berbeda. Contohnya gateway dapat mengkonversi paket TCP/IP ke paket IPX pada Netware demikian pula sebaliknya atau dari AppleTalk ke DECnet dari SNA ke AppleTalk dan lain sebagainya. Gateway sebagai pintu gerbang kita untuk ke dunia luar (internet), maka semua paket yang keluar dari jaringan intern kita akan melalui gateway ini. Karena gateway sebagai pintu gerbang, maka untuk melindungi jaringan didalamnya dari ancaman luar dapat dipasang firewall. Selain itu gateway kadang berfungsi sebagai proxy server.
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.
Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan “gateway” dengan “router” yang sebetulnya tidak benar.
Kadangkala, kata “gateway” digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.
Dan Router adalah :
Router adalah adalah komponen jaringan yang bertugas routing paket dari suatu jaringan ke jaringan lain. Atau dapat disebut juga sebagai sebuah mesin (bisa berupa computer desktop atau apa pun sebuah alat khusus) yang digunakan untuk menyalurkan paket-paket yang dikirimkan oleh sebuah network ke network lain dengan melakukan suatu filtering terhadap paket-paket yang dikirim hanya pada protocol TCP/IP. Router pada system OSI berjalan pada layer Network layer. Sebuah network yang dihubungkan dengan sebuah router dianggap dua network yang berbeda sehingga tidak dapat berhubungan secara langsung Routing dapat diimplementasikan secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung bila paket dikirimkan dari dan dengan tujuan yang masih dalam satu jaringan. Misal dari A1 ke B1. Sedangkan routing tidak langsung yaitu dari A1 ke B2 yang harus melewati router 1 dan router 2. Router saat ini dapat berupa rangkaian tersendiri misalnya yang terkenal Cisco Router. Atau dapat berupa komputer yang tentu saja memiliki lebih dari satu ethernet card dapat menggunakan software seperti LRP (Linux Router Project).
 Terima Kasih .!
 

2 Komentar untuk "[Jaringan] Gateway Ataukah Router .?"

wah penjelasannya sangat bagus sekali mas tentang gateway dan rooter ini. Sangat mencerahkan buat saya yang masih pemula :)

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top