[Jaringan] Router

Image By : askville.amazon.com

Selamat Pagi .!
Dalam membangun sebuah jaringan komputer, tentunya kita membutuhkan sebuah Router untuk  menghubungkan 2 atau lebih jaringan komputer dengan protocol yang sama. Mengenai sejarah dari Router ini,dahulu pada awal tahun 1980-an ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang yang keduanya bekerja di dua tempat yang berbeda, kemudian mereka memiliki inisiatif bagaimana agar komuter mereka bisa berkomunikasi satu-sama lainnya. Akhirnya mereka menemukan sebuah cara yang terbukti berhasil membuat komputer mereka bisa berkomunikasi satu sama lain, dengan cara membuat server gateway. untuk sejarah lebih lengkapnya bisa disimak disini

Secara definisi Router adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan komputer yang mempunyai protocol yang sama, Sehingga dengan adanya Router ini kita bisa menghubungkan dua buah jaringan atau lebih, yang memliki host yang berbeda, Contohnya seperti kita bisa menghubungkan antara IP 192.168.1.10 dengan IP 192.168.10.1 tanpa menghadapi kesulitan. Proses penghubungan atau istilah baiknya apa ya, terserah dah, ini dinamakan dengan Routing. Routing ini biasanya digunakan dalam jaringan berskala menengah ke atas, yang memiliki IP dengan Host yang berbeda, kemudian menghubungkan dari suatu tempat ke tempat lain. Fungsi lain dari Router ini bila kita gunakan dalam skala besar, maka bisa digunakan untuk membagi jaringan.

Ditinjau secara Umum, Router ini memliki 2 jenis, Yaitu :
  1. Router static, merupakan router yang mempunyai tabel routing static sehingga harus disetting secara manual oleh adminisrator.
  2. Router dinamic, merupakan router yang mimiliki tabel routing dinamic yang memiliki kemampuan mendengarkan lalu lintas jaringan dan saling berhubungan dengan router yang lain.
Namun, selain peninjauan secara umum tersebut, ada beberapa jenis Router yang berbeda, Ada  3 jenis router yang berbeda, yang pertama adalah Router Aplikasi, kedua adalah Router Hardware, dan yang ketiga adalah Router PC. Mungkin dilain kesempatan akan coba saya paparkan masing-masing definisinya.

Terima Kasih. !


4 comments

ilmu baru dalam hal jaringan nih.. mantab gan.. mksi sharenya

Balas

iya maz . . .terima kasih ya kunjungannya . .

Balas

ini yang biasa dipake diwarnet itu ya mas??

Balas

iya maz , ,btul . .tapi jenisnya kan macem-macem , ,lihatsaja di postingan selanjtnya

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon