[Pemrograman] Jenis-Jenis Algoritma

Jenis, Jenis Algoritma
Image By
rifkiyptk.blogspot.com

Selamat Pagi .!
Seperti yang telah kita tahu mengenai Algoritma. Disana te;aj dijelaskan bahwa Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. Permasalahan ini bisa bersifat umum dan juga bisa bersifat khusus, kemudian bsa juga berhubungan dengan teknik maupun yang non teknik. Algoritma memang menjadi menyeluruh disemua kalangan, tidak hanya dibidang pemrograman saja. Melainkan banyak terjadi di bidang lain namun belum banyak yang menyadari kalau mereka sebenarnya telah menggunakan Algoritma. Dari banyaknya bidang yang dapat dimasuki oleh Algoritma sendiri ini saya lebih mengkhususkan pada bidang teknik pemrograman saja, agar pembahasan yang didapat tidak terlalu melebar kemana-mana. Sebenarnya banyak sekali Jenis-Jenis Algoritma yang digunakan untuk membuat suatu program aplikasi. Dari beberapa jenis yang ada ini kita bisa mengambil salah satu klasifikasi yang berasal dari paradigma atau pola pikir yang digunakan dalam menentukan Algoritma yang digunakan. 

Dari Pola-pikir kita bisa mengklasifikasikan beberapa Algoritma yang ada menjadi Tiga bagian besar yang lumayan mudah diingat. Yaitu ada tiga rumpun besar yang dapat dijadikan acuan dalam menggabungkan Algoritma tersebut, masing-masing paradigma/pola pikir memiliki alasan yang berbeda-beda dan landasan yang berbeda-beda pula: 

Divide and Conquer,paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil. Pembagian masalah ini dilakukan terus menerus sampai ditemukan bagian masalah kecil yang mudah untuk dipecahkan. Singkatnya menyelesaikan keseluruhan masalah dengan membagi masalah besar dan kemudian memecahkan permasalahan-permasalahan kecil yang terbentuk.
Dynamic Programming,adalah paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal (, dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih . Paradigma ini sekilas terlihat mirip dengan paradigma Divide and Conquer, sama-sama mencoba untuk membagi permasalahan menjadi sub permasalahan yang lebih kecil, tapi secara intrinsik ada perbedaan dari karakter permasalahan yang dihadapi.
Metode Serakah, Sebuah Algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap tahap; dan menggunakan pilihan “serakah” apa yang dilihat terbaik pada saat itu.

Sedangkan Metode lain yang masih hampir serumpun dengan 3 Jenis Metode Algoritma diaatas, yang paling sering digunakan oleh programmer dalam pendekatan masalahnya adalah dengan menggunakan bahasa semu (PseudoCode) dan Diagram Alir(Flow Chart). Bahasa Semu(PseudoCode) sendiri bermakna Bahasa sehari-hari yang biasa digunakan oleh programmer untuk mendekati masalah yang dihadapi, namun bukan berarti menggunakan bahasa seadanya ini lantas membuat Algoritmnya berantakan atau tidak terstruktur, penggunaan bahasa ini hanya digunakan untuk mempermudah pendekatan masalah. Sedangakan Diagram Alir(Flow Chart) adalah pendekatan masalah dengan menggunakan diagram-diagram yang secara tersruktur dapat mendekati dan sekaligus memecahkan masalah tersebut. Metode Flow Chart ini sudah ada Pakem yang bisa digunakan, dan cukup mudah dalam penerapannya.

Terima Kasih .!
Tag : Pemrograman
5 Komentar untuk "[Pemrograman] Jenis-Jenis Algoritma"

kunjungan balik terlaksana.
saya kurang paham mas dengan pemrogaman bahsanya susah di pahami :-D

:o terima kasih ya maz , , ,
jangan kapok berkunjung ya (o)

wah..wah mantap juga..mungkin kalau bidang komputer gaptek bgt..kalau flow chart mungkin masih sering digunakan untuk menjelaskan alur kerjaan di kantor, alur-alur yang memudahkan untuk plan awal-proses-output, thx mantap

wahhh maznya sering berkutat dengan alur algoritma ya . . .
kapan-kapan minta diajarin ya maz , ,heheh buat bikin skripsi :d

bang klo pengerruan algoritma penjumlahan apa y. bisa kirim jawabanya ke email saya
cirawan52.gmail.com

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top