[Tips&Trick] Berbagai Cara Mengatasi Flashdisk Error/Rusak


Selamat Pagi .!
Lagi galau niyh kawand sebenarnya, Tak apalah Liverpool kalah, kemarin -kemarin sudah menang banyak kok.Lagian Chelsea maennya Negatif banget dah. Baiklah langsung saja ya kawand, Untuk mengobati rasa gundah yang menyelimuti ini saya akan mencoba berbagi cerita dan pengalaman saya mengenai benda unik nan ajaib ini. Yakni Flashdisk. Disini juga saya ingin  sekalian saya ingin mengungkapkan betapa rasa kekecewaan yang saya alami mengenai media penyimpanan Flashdisk saya ini kawand. Sepertinya saya tidak perlu ya menjelaskan panjang lebar mengenai beberapa fungsi dan kegunaan dari Flashdisk tersebut. Karena mungkin semuanya sudah mengerti dan mungkin sudah lebih faham daripada saya ini. Kembali ke cerita yang sempat tertunda gara-gara kalimat fungsi Flashdisk tersebut ya kawand. Baca Juga Semua Ada Jalannya, Apalagi Jalan Tikus.

Begini ceritanya :
"Saya pada suatu sore, tepatnya  di hari rabu, kala itu saya dan teman-teman kampus ditantang oleh team futsal dari team lain, Kala itu pertandingan berlangsung seru sekali, sehingga team kami (Baca: saya dan teman-teman saya) harus mengakui keunggulan mereka dengan skor telak 9 kosong untuk kemenangan mereka, (Tadi bilangnya seru, kalah banyak gitu) Biar dikira maen beneran, hehe. Saat Kekalahan melanda tersebut aku sendiri belum bisa berpikir jernih, sehingga kala pagi harinya setelah kekalahan tersebut aku baru menyadari betapa aku telah kehilangan sesuatu yang berharga, yakni Flashdisk ku, Sempat aku yanyakan beberapa teman yang bersamaku, hasilnya nihil pula. Data-Data di dalamnya sebenarnya sudah aku cadangkan di komputer, namun Film kartun Naruto dan beberap episode koleksi Avatar ku belum sempat aku selamatkan, Sia - Sia terasa download beberapa hari. tak ingin larut dalam kesedihan akhirnya aku Move On dengan cara membeli Flashdisk baru. Padahal kan masih tanggal tua.Nunggu gajian Tanggal muda rasanya masih beberap hari lagi, dan itupun yang membuat aku tidak sabar untuk segera membeli yang baru. Dengan sisa-sisa uang kiriman dari rumah, akhirnya aku bisa juga membeli Flashdisk baru tersebut, meski agak berat juga sih buat kantong kering seperti aku ini. Namun tak apalah, Menurutku kebutuhan barang yang satu ini tidak bisa dipisahkan buat keseharian aku, Biarlah beberapa nggak beli rokok agar bisa membeli flashdisk tersebut. Sembari Tawar menawar terjadi antara aku dan karyawan penjualnya (Memangnya Pasar Apa . . . ! ! ! ) ya Nggak lah, Saya langsung jatuh hati sama Kingston DT108 (Seperti Gambar,Diatas) Yang dari segi fisiknya mirip banget dengan ADATA 2 GB saya yang telah hilang. Seakan cCinta telah menunjukkan jalanya, saya pun langsung memlih Kingston tersebut yang hanya berukuran 2 GB Meski sekarang sudah banyak yang 4 sampai bahkan ada yang 32GB Atau bahkan lebih. Namun kenyataannya aku paling suka yang ukuran kapasitasnya kecil, karena di samping scan mudah, kalau dipinjam teman itu, tidak di isi film yang aneh -aneh dan jumlahnya sedikit, (hehe). Nah, setelah jual beli telah deal, saya diberi pesan oleh penjaga tokonya bahwa ada garansi di flashdisk ini, dengan catatan tidak ada cacat fisik kemudian wadah serta bon nota dan stiker pembeliannya jangan dilepas. Selanjutnya singkat cerita, langsung dah flashdisk baru tersebut saya gunakan. namun, apa yang terjadi, ketika saya mengcopy data fine -fine saja. Namun untuk mengCut data, eh datanya jadi hilang, kemudian muncul nama- nama aneh. inilah beberapa langkah yang telah saya ambil dalam mencoba memperbaiki flashdisk saya tersebut." 

Langkah yang paling ringan dalam mengatasi Flashdisk yakni ketika Flashdisk tersebut mengalami error yang namanya Write Protected  (Yakni Error yang dimana Flashdisk tidak terbaca pada system windows kita) berikut diantaranya :


1. Cara Pertama Yakni kita akan memperbaiki internal dari Pc yang berhubungan dengan flashdisk kita ini. 
  • Kita masuk Computer management, Caranya dengan gunakan tombol Windows + R. Lalu ketikkan tulisan seperti dibawah ini :

  • Setelah kita Klik OK. Kita Akan masuk dalam Computer management. 


  • Kemudian Pilih Storage > Disk Management > Secara Otomatis Flashdisk kita akan Terdeteksi Misalnya USB apa Gitu. Langsung saja Klik Kanan > Format.
  • Selesai
2. Masih belum bisa Flashdisknya, baik tenang saja. ada cara selanjutnya yakni :
  • Kita Masuk " REGEDIT" (Registry Editor) Caranya mudah sekali, yakni Windows + R kemudian ketikkan "REGEDIT " (tanpa petik) > OK
  • Setelah masuk dalam Registry Editor, tak perlu buang waktu lagi langsung CTRL + F untuk mencari 
  • Ketikkan " WRITE PROTECTED " > OK
  • Memulai pencarian, Setelah ditemukan, Hapus saja WRITE PROTECTED tersebut kawand, jika Muncul dialog konfirmasi, klik Ok saja.
  • Kemudian cabut flashdisk dan Restrart komputer/laptopnya. 
3. Masih Belum bisa juga ya ternyata, nampaknya kita bukan golongan orang beruntung, tapi jangan khawatir kawand, masih ada cara lain lagi. Yakni kita bisa menggunakan software Diantaranya :
  • HP USB DOSK STORAGE FORMAT TOOLS
  • MARTIK USB DISK FORMATTER
  • ANY DRIVE FORMATTER
4. Kemudian, Untuk masalah yang saya hadapi sendiri, dengan bantuan ketiga software diatas masih belum bisa, yakni selalu error dalam copy file video maupun data yang berformat zip. Akhirnya saya menggunakan cara lain, yakni menggunakan bantuan IFlash. begini Caranya : 
  • Pastikan Flashdisk sudah tertancap dengan baik.
  • Jika memang Flasdisk tersebut masih bisa terbaca, namun tidak bisa berguna sesuai fungsinya maka dilakukan format ulang menurut IC Produknya saja, akan lebih baik. 
  • Cara pertama yakni mengetahui ID Product dan PID Vendornya caranya cukup dengan menggunakan bantuan software ini. Ke TKP langsung saja USB VIEW
  • Kemudian, setelah mengetahui ID dan PID tersebut, kita masuk situs ini http://flashboot.ru/iflash/
  • Disana di Kotak Pencariannya, Masukkan ID dan PID nya Kemudian Cari, Hati - Hati bahasanya Rusia.
  • Kemudian Setelah Pencarian, Cocokkan Merek dan kapasitas Flashdisk anda dengan hasil pencarian tersebut. Sehingga Sama, Merk kapasitas Serta ID PART NUMBERNYA. (Mohon maaf tidak bisa menampilkan ScreenShoot, Dikarenakan dengan Cara ini pula Flashdisk saya masih Tidak ditemukan Utility untuk mengFormat Ulang IC nya) 
  • Setelah kecocokan berlangsung, Pada bagian kanan sendiri dari ebsite di atas, akan menampilkan utils. yakni Alat yang akan kita gunakan untuk format ulang IC Flashdisk tersebut.
  • Seanjutnya cari dengan bantuan Google Utils tersebut, sehingga kita dapatkan softwarenya. 
  • Lalu, seperti menggunakan software biasanya, langung saja digunakan. 
  • Format
  • Selesai
Dari Sekian banyak langkah yang sudah saya tempuh di atas, Ternyata Flashdisk saya masih juga belum bisa melakukan tugasnya dengan benar. Akhirnya saya menyerah dan akan membawa ke tokonya kembali untuk ditukar, Namun ternyata, saya tidak menyadari betapa saya telah lupa membuang struk pembelian dan wadahnya. Huuhh , , , Derita semakin berkepanjangan. Tapi tak  apalah sekedar buat pengalaman. terutama saya yang ceroboh ini. 


Terima Kasih .! 
Tag : Tips_Trik
31 Komentar untuk "[Tips&Trick] Berbagai Cara Mengatasi Flashdisk Error/Rusak "

hehehe, utk fd tak terbaca seberny bnyak juga caranya mas ibnu, dan cara2 diats juga sangat akurat kok .... :) pagi mas ..... :D

Pagi maz fiu . . . :d

iya maz , , , cara di atas memang akurat , ,
namun entah mengapa FD saya belum terselamatkan juga maz , , ;((

tips di atas merupakan hal yang baru buat saya, thanks mas Ibnu sudah berbagi ilmu
tetapi kenapa punya mas sendiri kok belum berhasil di atasi yaa ? :))

kayaknya ada flasdiskku yg sperti itu...wah bisa dinormalin ya..makasih sob

oh bisa diperbaiki toh, saya kira yang namanya flashdisk rusak itu mesti dibuang.. beli lagi yang baru wkwkwk :D

;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-(

iya maz ferdon . . . malah punya saya sendiri tidak terselamatkan,,, karena setelah saya cari tau di produk Kington maz , , , sudah tidak ada merk yang T108 tsb yang 2 GB , , , gimana donk , , hehe

iya maz , , , dicoba langsung saja maz

;(( ;(( ;(( ;(( ;((

kalo punyaku , , , harus di buang niyh mbak kayaknya , , hehe

lah, knp fd nya ? nggak terbaca di OS atau sekedar nggak terbaca file ?

waduh flash ane dah kebuang semua sob..habisnya sebel juga mau buat apa haha :)

kalo di OS sih terbaca maz , , , namun kalau dibuat copy file video dan yang zip . . . selalu rusak file nya maz

hehehe , , , dicobain cara cara di atas sob , ,
kalo nggak parah amat , , sayang kalo dibuang maz

kalau yang begini rasanya harus banyak belajar :)

Kebetulan saya punya FD yang error Maz... wah boleh deh saya langsung peraktekan ilmunya. Makasih sob :)

kalau perlu lez privat saama saya boleh juga kok mbak, , , xixixixixi
(ngarep banget dah )

iya maz heri . . . sama sama =p~

Ternyata begitu ya mas caranya...akhirnya ketemu juga caranya, kmarin2 smp putus asa data2 di FD tdk muncul...siap2 praktekkk :) terima kasih mas

iya maz, , , silahkan dipraktekkan , ,
jangan putus asa ya ,,
Selamat Mencoba ya

Saya kira Artikel Mas Ell ini akan menceritakan soal Bolla eehh ternyata
Tentang mengatasi flasdisk. kebetulan saya ada 3 flasdisk yang error
Saya coba trik ini semoga saja bisa betullagi ya Mas? saya coba nih

gapapa mas,, semoga bisa tergantikan dengan hadiah lomba review jalantikus, hehe

artikel yang sangat unik mas, menarik untuk dibaca karena awalnya ngomongin bola dulu terus dikit-demi sedikit langsung masuk ke topik utama,, hehe
btw,,semua flashdik ane sehat mas(padahal cuma punya satu) ,, tapi semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang membutuhkan,, makasih mas info dan sharingnya

xixixixi ,, , , maz ucupp niyh bisa aja dah , , ,
Nggak ngarep lah maz , , , saingannya lebih bagus bagus kok ya , ,heheh

hehe , ,iya maz karizz , , soalnya masih kebawa emosi akibat kekalahan , ,LIVERPOOL , ,pii semangat menyerang nya itu lho , , LUAR BIASA mereka , ,

Dicoba saja maz , , semoga berhasil ya

xixixix . . . .hahaha , ,semua flashdisk saya sehat (padahal cuma satu ya) Diksinya itu lho , , ,bisa aja . .
thanks maz ya

flashdish sy juga lagi eror...jd yg baik merawatnya gimana ya...stress jadinya banyak data yang tidak di buka..

Sayang gan flashdisk ane yang rusak dulu udah hilang gak tau kemana. Lain kali bisa dicoba nih tipsnya kalau ada FD yang rusak lagi.

wah mantap mas tips nya bisa dicoba nih untuk flash disk saya yang rusak ;)

kalau masalah merawat dan pengembalian file yang kena virus , , , Insya ALLAH yang berikutnya ya mang , ,

iya maz , , , yang pakek Iflash itu sebenarnya yang paling manjur maz . . .
selamat mencoba ya

iya mbak ririn , , , silahkan dicoba ya

daripada beli flashdisk baru lagi yang menghabiskan bayk uang, mending diperbaiki ya mas flahs disk yang rusak ;)

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top