[Jaringan] Jaringan Komputer dan Macamnya


Selamat pagi.!

Jaringan Komputer Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berkaitan satu sama lain, baik dengan menggunakan kabel (wire) maupun yang tanpa menggunakan kabel (wireless). Jika ditinjau dari pengertian dan pemanfaatannya, jaringan berfungsi dasar sebagai suatu cara yang digunakan untuk saling berkomunikasi, tapi seiring perkembangannya yang begitu cepat, jaringan komputer ini bisa berfungsi berbagai macam, tergantung dengan kebutuhan yang diinginkan. Misalkan saja sharing printer, ataupun file dan dengan perkembangannya sekarang bisa digunakan sebagai penggunaan internet secara bersama-sama dalam skala yang besar.

Ditinjau dari jarak yang ditempuh dan maupun perangkat yang digunakan  sebuah jaringan komputer, maka dibedakan menjadi berbagai macam jaringan. berikut adalah berbagai macam jaringan komputer :

1. LAN ( Local Area Network ) di tinnjau dari arti bahasa yang digunakan berarti area yang berkaitan dengan jaringan ini adalah daerah local. LAN ini melingkupi satu wilayah yang cakupannya terbatas pada suatu tempat. Misalnya dalam suatu ruangan, satu laboratorium, ataupun satu gedung saja.

2. MAN ( Metropolitan Area Network ) Merupakan jaringan yang telah dikembangkan setelah LAN, jaringan ini dapat menghubungkan antara beberapa gedung dalam satu kota. 

3. WAN ( Wide Area Network ) Merupakan jaringan yang paling luas diantara dua jaringan tersebut di atas, Jaringan dalam WAN ini mencakup beberapa kota antar negara, bahkan sekarang dalam pengembangannya mencapai beberapa negara dalam satu benua.

4. W-LAN (Wireless-Local Area Network ) merupakan sebuah jaringan yang tidak menggunakan kabel dalam pengoperasiannya, jaringan model seperti ini sangat digemari sebagian besar orang, meski cakupan wilayah yang dihasilkan seperti LAN.

5. Jaringan Internet Merupakan Jaringan terluas yang pernah ada, yaitu mencakup beberapa benua, sehingga kapasitasnya mencakup seluruh dunia/bumi ini.

Terima Kasih.!

Keyword : Jaringan Komputer, Jaringan , Macam jaringan



Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon