[Pemrograman] Sistem (System)


Selamat Pagi . !
Sudah lama kiranya saya tidak menyapa kawandku semua, mungkin karena males dan lagi gandrung maen game dan juga tugas kuliah serta pekerjaan ditambah denga banyaknya kegiatan lain yang turut mengganggu akhir akhir ini untuk menyempatkan menulis. Namun dengan sedikit tekad pada hari ini akhirnya dapat kesempatan menulis lagi di blog terinta ini kawand. Baiklah kawand, Curhatnya nanti saja ya di kotak komentar saja, hehe. SISTEM, sering ekali kan kita mendengar dan menuliskan atau bahkan sudah hafal benar dengan kata yang satu ini. berikut ada 2 definisi Sistem Mnurut ahlinya :

  1. Pengertian sistem diambil dari asal mula sistem yang berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang memiliki pengertian bahwa suatu sistem merupakan suatu kesatuan yang didalamnya terdiri dari komponen atau elemen yang berhubungan satu dengan yang lainnya yang berfungsi untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi (Anonim,2008).
  2. Sistem yaitu gabungan dari sekelompok komponen baik itu manusia dan/atau bukan manusia (non-human) yang saling mendukung satu sama lain serta diatur menjadi sebuah kesatuan yang utuh untuk mencapai suatu tujuan, sasaran bersama atau hasil akhir (Kerzner,2008).

Dari pemaparan kedua pakar diatas, lainnya banyak juga sebenarnya. saya dapat menyimpulkan dengan bahasa sederhananya yakni  

" Sistem ialah kerjasama antar elemen yang saling berkaitan sehingga menghasilkan sebuah tujuan yang diinginkan "
Klau Pengertian yang ini menurut saya pribadi lho kawand, karena saya suka sekali dengan bahasa penalaran yang sederhana saja, sehingga tidak membingungkan. Saya berkelakuan begini itu setelah berulang ulang menonton filmnya India yang paling memotivasi buat saya khusunya, yakni 3IDIOT dimana kala adegan itu Racho ditanya dosennya mengenai apa definisi mesin, kala itu dia menjawab dengan bahasa yang sederhana. Kemudian dosennya marah lalu menyuruhnya keluar, Nah saat dia mau keluar dia mengucapkan definisi yang sangat fantastik menurut buku yang kurang lebih begini :
"Instruments that record analyse summarize organize debate and explain information which are illustrative non-llustrative hardbound paperback jacketed non-jacketed with forward introduction, table of contents, index that are indented for the englightnment, understanding enrichment enhancement and education of the human brain thru sensory root of vision... sometimes touch"

Dan memukaunya lagi ketika dosennya melongo (terpana ) mendengar definisi yang diucapkan Rancho, dia bahkan tidak mengerti apa maksudnya. Kemudian dengan senyumnya dia pergi meninggalkan kelas. Pengen lebih gamblang cerita nya. Lihat filmnya ya kawand, hehehe. 

Mungkin singkat dan cukup itu dulu saja ya kawand, sebenarnya saya tadi ingin membahas tentang SISTEM INFORMASI. Namun entah mengapa hanya berkutat pada sistem saja. Diteruskan lain waktu ya. 

Terima Kasih . !


3 comments

sering banget denger istilah sistem tapi kagak tau definisinya.. hehe, akhirnya sekarang dah tahu.. makasih mas atas infonya...
btw.. kok sampai kecanduan main game, emangnya main game apa?? maaf kepo.. hehe

Balas

luar biasa mas , sangat mencerahkan artikel tentang system ini ;)

Balas

wah tambah ilmu baru nih tentang pemograman sistem. thanks mas atas share nya :)

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon