[Pemrograman] Data Flow Diagram

Data Flow Diagram

Selamat Pagi .!
Data Flow Diagram atau biasa disebut dengan DFD diagram yang mengunakan notasi-notasi atau simbol-simbol  untuk  mengambarkan  sistem  jaringan  kerja  antar  fungsi-fungsi  yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data (Adi Nugroho, 2011). Secara gris besar DFD ialah sarana untuk mengembangkan sebuah sistem yang telah ada ataupun membuat sistem yang baru dengan mengesampingkan unsur fisik/lingkungan, jadi penerapannya menggunakan logika seseorang. Seseorag semakin logikanya tajam dan berpusat, akan menghasilkan sebuah pemaparan sistem yang lebih baik dan lebih berguna nantinya. Dalam hal ini DFD sangat memudahkan   pemakai   (user)   yang   kurang   menguasai   bidang   komputer   untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan.

Secara garis besar, DFD ada 2 macam, yakni Diagram Konteks (Context Diagram) dan Diagram Rinci (Level Diagram). Diagram  konteks  adalah  diagram  yang  terdiri  dari  suatu  proses  dan menggambarkan  ruang  lingkup  suatu  sistem.  Diagram  konteks  merupakan  level tertinggi  dari  DFD  yang  menggambarkan  seluruh  input  ke  sistem  atau  output  dari sistem.  Dalam diagram konteks biasanya hanya ada satu proses. Tidak boleh ada store dalam diagram konteks. Diagram rinci adalah diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram level di atasnya.

Selanjutnya mengenai Komponen dari DFD sendiri ada dua pemaparan menarik yakni : 

1. Menurut  Yourdan dan DeMarco : 



2. Menurut Gene dan Serson : 



Dari 2 gambar diatas, Inti dari pembahasan dan alur airan data sebenarnya sama sekali tidak berbeda, Namun terdapat perbedaan di dalam notasi gambar yang digunakan, sebagai pengguna seterusnya kita bisa menggunakan kedua notasi diatas sebagai patokan/pijakan. Namun, perlu diketahui, kita harus selalu konsisten dengan pilihan kita. apabila kita telah menggunakan notasi yang nomer 1 maka dalam rancangan selanjutnya yang masih dalam satu proyek, harusnya menggunakan yang nomer 1 juga. Keterangan mengenai beberapa notasi diatas adalah :

1. Entitas Eksternal (Entity) => Merupakan Entitas luar dari sistem biasanya untuk menotasikan sebuah organisasi, lembaga, instansi yang memebrikan input dan menerima output dari sitem tersebut.

2. Aliran Data => Merupakan Arul aliran data masukan yang akan disimpan dalam penyimpanan (storage) ataupun proses yang menghasilkan output sistem.

3. Proses => Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer  dari  hasil  suatu  aliran  data  yang  masuk  ke  dalam  proses  untuk dihasilkan  aliran  data  yang  akan  keluar  dari  proses.

4. Penyimpanan Data (Data Store) => Merupakan notasi dari media penyimpanan data, yang dapat berupa Basis data dalam bentuk digital disimpan di dalam komputer, atau bisa juga data manual , atau tabel acuan atau bisa juga buku atau bagan.


Terima Kasih .!
Tag : Pemrograman
8 Komentar untuk "[Pemrograman] Data Flow Diagram "

Perograman atau Pemrograman sob?
Okeh deh saya pelajari, terimakasih ilmunya sangat bermanfaat :)

luar biasa mas materi pemograman nya, izin menyimak informasi dengan seksama, terimakasih atas share nya ya ;)

hehe . .iya maz heri , ,
maaf ya salah ketik . .

iya mbak ririn , , sama sama yaa

selamat sore mas Ell,,, kalau yang satu ini ane harus pikir 2 kali untuk memahaminya nih,,, simak lagi aja deh , hehe
makasih mas.,,,

selamat malam maz ucup . . .
lahh selalu gaya gitu dah maz ucupp niyy , ,

mas ibnu memang ekspert sekali kalau bahas pemograman, jadi ingin berguru sama mas ibnu deh saya ;)

hdeh hdehhh, , , ,mbak ririn ini terlalu memuji , ,masih newbie mbak

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top