[Jaringan] Layer TCP/IP

TCP/IP
Image By technet.microsoft.com

Selamat Sore .!
Seperti yang kita ketahui bersama tentang jaringan komputer. Ada dua buah refrensi model dalam jaringan komputer, model yang pertama yakni menggunakan Model OSI  Layer yang jumlahnya ada 7 Macam layer di dalam prosesnya , seperti yang telah saya bahas sebelumnya dalam 7 OSI (Open System Interconnection) Layer. Kemudian model yang kedua adalah menggunakan model layer TCP/IP. Berbeda dengan  pembahasan tentang OSI Layer yang jumlah Proses nya ada Tujuh bagian yang masing-masing diantaranya emiliki fungsi dan tugas masing-masing. Jika dalm Model TCP/IP kita hanya akan menemukan 4 macam proses/Layer yang dilakukan.

Dari ke-4 layer yang dikerjakan dalam model TCP/IP ini sebanarnya hampir sama dengan apa yang ada dalam Model OSI. Namun dalam Model TCP/IP ini layer nya lebih dikurangi dengan catatan semakin sedikit Layer yang ada, maka tugas per layer jadi semkin banyak.Berikut 4 macam layer/Proses dalam TCP/IP tersebut :

1. Proses/Aplication merupakan layer yang berfungsi sebagai perantara interaksi antara pengguna dengan sistem jaringan. Layer ini mempunyai fungsi sama seperti layer Aplication, Presentation dan Session dalam 7 Model OSI Layer .

2. Host to host merupakan lapisan ini berfungsi sebagai pengatur alur data diantara terminal sehingga kesalahan atau kerugian pada saat transmisi dapat diminimalisir. Host to host mempunyai fungsi yang sama seperti layer transpot pada 7 Model OSI Layer .

3. Internet merupakan layer yang berfungsi sama seperti lapisan Network Dalam  7 Model OSI Layer. Pada layer ini terjadi pengiriman data dalam jaringan dengan skala yang lebih luas yaitu internet.

4. Network Access merupakan layer yang berfungsi untuk mentransmisikan data melalui jaringan tunggal. lapisan ini mempunyai fungsi yang sama seperti lapisan Data link dan physical pada model OSI. Pada lapisan ini data dari lapisan internet akan dtransmisikan ke alamat tujuan.

Seperti yang telah saya singgung diatas, memang banyak yang sama dari beberapa layer diatas, hanya saja dengan penamaan yang berbeda, dan beberapa tugas dilakukan secara bersama. Kemudian untuk melengkapi postingan kali ini. ada beberapa prinsip kerja dalam TCP/IP ini yang saya ketahui. Diantaranya adalah :

  • Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan perantara untukmemindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.
  • Internet menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data secara aman di tempat tujuan.
  • Saat seorang pengguna Internet mengirim sekelompok teks ke mesin lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga computer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.
  • Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan berbagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban, sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.
  • Saat paket-paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, komputer akan membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tsb menjadi susunan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak, komputer tsb akan meminta komputer pengirim untuk mengirim salinan baru dari paket yang rusak.

Terima Kasih .! 


12 comments

wah kaga ngerti saya gan mengenai tcp/ip ini.. izin nyimak aja ya.. :)

Balas

Selamat sore Mas Ibnu....
Kembali hadir lagi disini untuk menyimak postingan tentang jaringan layer TCP, terimakasih atas sharingnya semoga bermanfaat buat kita semua.

Balas

terimakasih gan atas sharing tentang jaringan TCP/IPnya menambah pengetahuan saya nich...

Balas

hehe , , , iya maz , ,

Balas

maz marnez , , , sudah ditunggu kok kehadirannya hehehe

Balas

iya maz , , , sama sama

Balas

ternyata rumit juga ya mas jaringan layer tcp ini. izin belajar dulu ya mas :)

Balas

Makasih gan infonya sangat membantu

Balas

iya mbak , , sama sama belajar yaaa

Balas

iya maz . . sam sama

Balas

Rumit banget ya... Kalo yang gak tau nih bakalan Puyeng deh hehehe :D

Balas

iya maz , , , memang lumayan rumit

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon