[Pemrograman] Macam-Macam Tipe Data

Image By : indrakaharu.blogspot.com

Selamat Sore . !
Tipe Data adalah sebuah nilai yang dimasukkan guna mengisi variabel, tentu kita mengetahui bahwa variabel dalam bahasa sederhana bisa diartikan sebagai pengganti, atau inisial lain yang menjadi ciri khusus dan berbeda dengan yang lainnya. Mengenai Variabel mungkin akan saya bahasa pada artikel selanjutnya, apabila tidak ada halangan. Umumnya dalam sebuah bahasa pemrograman teertentu, misalnya saja Java, Delphi ataupun bahasa yang lain, pasti telah disediakan tipe data masing-masing dengan metode pemanggilan yang berbeda satu sama lainnya. Tipe Data yang demikian ini lazim dinamakan dengan Tipe Data Sederhana(Simple Data_Type), jadi setiap bahasa pemrograman selalu menyedian Tipe Data yang seperti ini. Ada juga model lain Tipe Data yaitu Tipe Data yang Terstruktur(Structured Data_Type), Tipe Data jenis ini biasanya dibungkus dengan Array, Record maupun Himpunan. Kemudian kita juga bisa menambahkan Tipe Data sendiri sesuai keinginan kita dalam suatu bahasa pemrograman tertentu, yang biasa disebut dengan Enumarated Type.
Dari tiga macam kelompok Tipe Data yang telah coba saya paparkan diatas, terdapat beberapa sub Tipe Data di dalam masing-masing kategori, berikut penjelasan lebih detailnya:

1. Tipe Data Sederhana (Simple Data_Type),
Tipe Data Sederhana ini yang paling sering banyak dipakai oleg proggrammer dalam melakukan aksinya, Disini terdapat beberapa sub Tipe Data lain yang diantaranya yaitu :
  • Integer, Tipe Data yang satu ini mungkin yang paling laris diantara Tipe Data yang lainnya. Dimana Integer ini mewakili bilangan Bulat, Namun didalam Integer sendiri ada beberapa jangkaun-jangkauan, dan dari setiap masing-masing jangkauan tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Jangkauan disini dimaksudkan untuk mengehemat memori yang akan digunakan, sehingga pemakain memori dapat dimaksimalkan.
  • Real, Tipe Data ini biasa disebut Bilangan Pecahan dalam matematika. bilangan ini  dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
  • Boolean, Tipe Data yang satu ini biasa disebut dengan Tipe Data Logika, enaknya tipe data ini hanya berisi dua kemungkinan, kalau tidak salah(False) ya benar(True).
2. Tipe Data Terstruktur (Structured Data_Type),
Tipe ini terdiri atas : array, record, set, dan file. String adalah tipe data jenis array, tetapi karena string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter maka penulis perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array, record, dan file perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak hal-hal yang perlu dibahas, seperti :

  • String, Merupakan suatu data yang menyimpan array (larik),sebagai contoh: 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter.Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d 256byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255. String dideklarasikan dengan string [ konstanta ] atau string. Bila ukuran string tidak didefinisikan maka akan banyak memakan ruang, karena ukuran string menyesuaikan dengan defaultnya.
  • Array, Suatu array adalah sebuah struktur data yang terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel).
  • Record, Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Tiap field berisi data dari tipe dasar /bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya (dibanding array). 


Terima Kasih .!



6 comments

uji materi terhadap dua undang-undang yang terkait dengan telekomunikasi. Mereka mempermasalahkan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak serta Pasal 16 dan Pasal 26 Undang-Undang Nomor 36 tentang Telekomunikasi. harusnya presiden republik indonesia memanggil keras kepada menkopinfo dari partai PKS itu , sebab rakyat selama ini tercekik oleh biaya internet setiap bulan , sedangkan akses internet juga untuk kepentingan negara kesatuan republik indonesia khususnya kepada warga rakyat akses ,sebab selama ini akses media independent biaya swadaya pribadi tanpa ikhlan tanpa bantuan manapun , tanpa dukungan manapun ,.semua ini mahalnya internet akibat satelit palapa milik indonesia di jual oleh rezim megawati PDIP , sehingga rakyat yang menjadi korban ,bila tidak ada tindak lanjut yaa terpaksa kiamat teknologi internet di satlit antariksa ruang angkasa akan hancur , ini serius dan tidak main main ,seolah partai pks sakit hati di sebabkan lufti hasan presiden pks di tahan oleh kpk , sehingga pks partai ingin menjatuhkan pemerintah pusat NKRI secara halus terencana kudeta makar pemberontakan dengan cara mencekik rakyat jelata melalui saluran elektornik internet ,camnkan baik baik , garong ya garong namun jangan mencekik neng wong cilek ,masak harga beras lebih tinggi 9000 rupiah dari harga minyak bensin cuman hanya 6500 rupiah ,internet terlambat bayar 1 hari dendanya 1 dolar , plus PPN 10 % , serta biaya administrasi 10 % biaya bunga keterlambatan 1 hari 10 % kayak leasing bank plecit harian pasar ,dasar partai kumpul sapi mengatas namakan rakyat agama bangsa namun ujung ujungnya merampok korupsi sapi

Balas

hemz , ,informasinya lengkap banget maz . . .

thanks ya maz

Balas

ternyata banyak juga ya mas macam tipe-tipe data ini. Tambah ilmu baru nih buat saya. Thanks ya mas atas share nya. Sangat bermanffaat buat saya yang masih pemula :)

Balas

iya mbak ririn , ,sama -sama

Balas

istimewa ..... hehehehe met malam mas ibnu ...

Balas

waduh , ,jadi bingung niyh maz fiu , ,
apanya yang istimewa . . .hehehehe

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon