[Komputer] Virtual Komputer (Virtual Machine)

Imabe By : www.debianadmin.com

Selamat Siang .!
Dewasa ini, telah muncul beberap sarana yang bisa kita gunakan untuk belajar dengan beberapa Operating System dalam Komputer kita. ya, Namanya adalah Virtual PC. Dari namanya saja kita tentu akan berfikir kearah sesutu yang tidak nyata. Memang benar adanya bahwa virtual PC adalah Sistem Operasi yang tidak nyata yang ada di dalam komputer. Jadi sifatnya hanya sebagai aplikasi, namun bisa digunakan untuk memodifikasi OS, namun yang disarankan modifikasi adalah OS yang bersifat open source. Di dalam Komputer kita bisa kita gunakan bebrapa macam OS yang ingin kita pelajarinya lebih lanjut, tanpa harus menginstall ulangnya atau menambahkannya. Dengan Virtual ini kita bisa menghemat penggunaan Harddisk dalam menghapus atau menambah OS dalam komputer kita. 

Kemudahan memang telah banyak ditawarkan oleh Virtual ini. Namun masih jarang yang menggunakannya hanya sekedar untuk belajar. Dari beberapa aplikasi yang bisa membuat Virtual ini ada 3 jenis yang paling banyak digunakan oleh penggunannya. Yang pertama adalah Virtual Machine Microsoft Virtual PC Windows Virtual PC (pengganti Microsoft Virtual PC 2007 , Microsoft Virtual PC 2004 , dan CONNECTIX Virtual PC ) adalah virtualisasi program untuk Microsoft Windows . Pada bulan Juli 2006 Microsoft merilis versi Windows sebagai produk gratis. Pada bulan Agustus 2006 Microsoft mengumumkan versi Macintosh tidak akan porting ke Intel berbasis komputer Macintosh, efektif menghentikan produk sebagai PowerPC berbasis komputer Macintosh tidak lagi diproduksi. Rilis terbaru, Windows Virtual PC, tidak berjalan di versi Windows lebih awal dari Windows 7 , dan tidak resmi mendukung MS-DOS atau sistem operasi sebelum Windows XP Professional SP3 sebagai tamu. Versi yang lebih tua, yang mendukung lebih luas host dan sistem operasi tamu, tetap tersedia.

Ada lagi jenis yang kedua yang biasa digunakan yaitu Virtual Box 
Oracle VM VirtualBox (sebelumnya Sun VirtualBox ) adalah Virtualisasi x86 paket perangkat lunak, yang diciptakan oleh perusahaan software Innotek GmbH, dibeli oleh Sun Microsystems , dan sekarang dikembangkan oleh Oracle Corporation sebagai bagian dari keluarganya produk Virtualisasi. Oracle VM VirtualBox terinstal pada sistem operasi host yang ada sebagai aplikasi, aplikasi ini memungkinkan sistem host operasi tamu tambahan, masing-masing dikenal sebagai OS Tamu , yang akan diambil dan dijalankan, masing-masing dengan lingkungan maya sendiri.

Sistem host operasi yang didukung termasuk Linux , Mac OS X , Windows XP , Windows Vista , Windows 7 , Solaris , dan OpenSolaris , ada juga port ke FreeBSD . Sistem operasi yang didukung tamu termasuk versi dan derivasi dari Windows , Linux , BSD , OS / 2 , Solaris dan lainnya. Sejak rilis 3.2.0, VirtualBox juga memungkinkan virtualisasi terbatas Mac OS X tamu pada hardware Apple.
 
Sedang aplikasi ketiga yang biasa digunakan adalah VMware, Inc ( NYSE :  VMW ) adalah perusahaan yang menyediakan virtualisasi perangkat lunak, didirikan pada tahun 1998 dan berbasis di Palo Alto, California , Amerika Serikat. Perusahaan ini diakuisisi oleh EMC Corporation pada tahun 2004, dan beroperasi sebagai anak perusahaan perangkat lunak terpisah.
Perangkat lunak desktop VMware berjalan pada Microsoft Windows , Linux , dan Mac OS X , sementara VMware perusahaan perangkat lunak hypervisors untuk server, VMware ESX danVMware ESXi , adalah bare-metal hypervisors tertanam yang berjalan secara langsung padaserver yang keras tanpa memerlukan tambahan mendasari sistem operasi .
 
Terima Kasih .!


10 comments

kunjungan balik gan,,,

Balas

terima kasih ya maz kunjungan baliknya . . .

Balas

wah dapat pengetahuan baru lagi nie tentang virtual komputer, ijin nyimak artikelnya ya mas

Balas

iya maz marnes . . .thanks yaa

Balas

Sudah baca dua kali tapi tetep gak mudeng .. saya tahunya make saja, itupun yang sederhana-sederhana, sistem operasi gak terlalu mudeng, yang penting aplikasi yang sering digunakan saja ..

Balas

sama saja sebenrnya maz . . .
aplikasi ini digunakan untuk membuat OS di dalam OS , , ,jadi tidak perlu install lagi . .

Balas

owalah ... ternyta ntu toh virtual komputer ... :)

Balas

selamat pagi maz fiu . . .
iya maz . .itulah virtual komputer . . . :v

Balas

ijin menyimak artikel ini mas ;) hehee

Balas

iya mbak dwi . . .
nyimak adminnya pa artikelnya , ,hehehehe

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon