[Komputer] Processor

Image By : techreport.com

Selamat Malam .!
Processor atau bisa dikatakan dengan otak dari komputer, merupakan pemroses dari rangkain perintah aritmatika maupun logika yang di perintahkan oleh input device atau alat masukan seperti keybord, mouse, scanner dan joystick maupun yang lainnya. Processor dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh Processor dengan membacanya dari media penyimpan, seperti harddisk atau dvd/cd dimana Intruksi-intruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, Processor dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Dari segi Jenis dan merknya, mungkin kita hanya mengetahui hanya ada dua  yakni Intel dan AMD, namun setelah saya mencari merk lain yang berkaitan dengan Processor ini, saya menemukan beberapa merk lain yang kwalitasnya tak kalah dengan dua merk tadi. Diantaranya ada yang berasal dari Indonesia tercinta kita ini. Artikel yang menyebutkan beberapa merk lengkap dengan pembuatnya. Dapat dibaca artikelnya di Macam-Macam Merk Processor.
Secara konseptual, Processor memiliki 3 komponen utama yang paling berpengaruh dalam sistem kerjanya, 3 komponen tersebut adalah :
  • ALU(Aritmatic Logical Unit)
Dari Nama ini kita bisa mengetahui sebenarnya bahwa komponen yang satu ini menangani tentang perhitungan aritmatika yang diintruksikan oleh input device.selain itu ALU juga berfungsi untuk menyelesaikan program dengan operasi logika sehingga semua perhitunga dari matematika pada komputer dilakukan pada bagian ini.
  • CU (Control Unit)
Komponen bagian ini adalah  yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data seperti menganbil intruksi memori utama, mengatur dan mengendalikan peralatan input dan output, mengirim perintah ke ALU, menyimpan hasil proses dan lain-lain.
  • MU (Memory Unit)
Komponen ini bertugas sebagai penyimpan intruksi secara sementara  fungsi-fungsi yang dieksekusi ataupun yang sedang diproses.



Terima Kasih .!


8 comments

keren nih... bermanfaat

Balas

terima kasih ya maz . .

Balas

Wahahah bagus sekali nih mas artikelnya :)
Saya sangat suka tentang komputer

Balas

hemz , ,iya maz , ,terima kasih ya apresiasinya

Balas

kecil2 cabe rawit yah mas itu benda ... hehehe

Balas

ehehe , , ,
maz fiu ini bisa saja . . .

memang maz kecil . .tapi kakinya banyak kok , ,hehehe

Balas

nah itu dia sudah kecil kakinya banyak lg makin cabe rawit .... klo tanpa itu PC ya gak work .... hehehe

Balas

iya tuh maz fiu . . .cabe rawit banget dahh

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon