[Jaringan] Modem (Modulator Demulator)

Image By : www.webopedia.com

Selamat Malam . !
Modem (Modulator Demulator) adalah sebuah perangkat keras yang dibutuhkan bila kita ingin membangun sebuah jaringan yang sekaligus bisa terkoneksi dengan internet. Fungsi utama dari Modem ini sangat sederhana sekali, yakni mengubah sinyal analog menjadi digital, begitu juga sebaliknya. Bila kita flash back ke belakang, dahulu ketika kira-kira tahun 1977 Modem PC pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Dennis C. Hayes yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang. Untuk sejarah dan perkembangannya bisa dilihat di artikel sebelah tentang Modem dan Perkembangannya.  

Apabila ditinjau dari namanya Modem kan berasal dari 2 kata, yang pertama yaitu Modulator, Yakni  proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. Dalam modulasi ini sinyak dari komputer kita berbentuk digital, kemudian dilakukan proses modulasi agar bisa dikirim mealui Media Transmisi yaitu diubah menjadi sinyal analaog. Kemudian kata yang kedua yaitu Demulator, yakni proses  mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Berganti peninjauan, jika dilihat dari jenisnya, Modem ada beberapa macam,diantaranya :
  • Modem Internal, Modem jenis ini diletakkan didalam Motherboard, harganya relatif lebih murah kemudian pemasangannya mudah.
  • Modem Eksternal, Jika ada Internal tentu Eksternal tidak akan mau ketinggalan bukan, Modem yang satu ini banyak disukai oleh penggunanya, karena sangat fleksibel dan mudah sekali. Biasanya menggunakan USB untuk menancapkannya. 
  • Modem Kabel, saya menamakannya sendiri, karena tidak tahu namanya. Modem yang satu ini menggunakan kabel telepon atau tv sebagai media perantaranya.
  • Modem Tanpa Kabel, Kebalikan dari yang menggunakan kabel, jujur saja saya juga belum pernah menggunakan yang model seperti ini, biasanya Modem jenis ini menggunakan media Inframerah ataupun bluetooth dalam penggunaannya.
Terima Kasih .!



8 comments

Wah, baru tahu soal ini..padahal siswaku jurusan teknik komputer dan jaringan hehehe
bener-bener yah, kalau gak baca gak bakal tahu...

thanks

Balas

Wah .. saya baru tahu kepanjangan dari Modem di sini. Masih perlu banyak belajar ini saya .. :)

Balas

wah saya sering pakai modem tapi nggak tahu cara kerja nya mas. Ternyata rumit juga ya modem itu hmmm Btw terimakasih banyak mas atas share nya ya:)

Balas

pelajaran sma ini jadi teringat waktu dulu praktek pasang modem :D di komputer sekolah

Balas

iya mbak , ,saya juga baru tahu , ,

Balas

hehe , ,saya juga gituu maz, , ,

Balas

iya mbak , ,memang rumit , ,

Balas

hehe , , ,praktek pasang , ,hehe

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon