[Jaringan] IP Address (Alamat Internet Protokol)

Image By computing-tips.net

Selamat Pagi .!
IP Address (Internet Protocol) adalah kode numerik yang berisikan angka-angka yang berupa sistem penomoran masing-masing komputer yang bersifat unik atau tidak sama. Sistem penomoran itu sendiri terdiri dari empat bagian yang dipisahkan oleh titik contoh : 192.168.0.2. Setiap komputer yang tehubung dengan Internet pasti mempunyai IP Address yang mana IP ini berfungsi sebagai alamat tadi. Jadi apabila kita mengarungi lautan dunia maya yang luasnya hampir melebihi samudra ini, seorang server akan tahu alamat kita, dari mana kita berasal dan sebagainya. Mengingat segala sesuatu pasti ada sejarah dan perkembangannya, sedikit saya paparkan bahwa dahulu sebelum ada yang namanya IP Address inipada tahun 1969, Lembaga Departement Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) mendanai sebuah penelitian yang mengangkat tentang Komunikasi data antar komputer, Sehingga sampai sekarang berkembang terus hingga menghasilkan IP Address yang berupa 32 Bit atau biasa dikenal dengan IP Versi4, yang kemudian disusul dengan perkembangan yang pesat menggila dengan munculnya IP Adrress yang menggunakan 128 Bit yang Dikenal dengan nama IP Versi6.

Dari beberapa Perkembangan yang terjadi sepanjang masanya, IP Address ini bisa dikategorikan menjadi beberapa macam tergantung penempatan dan kelas-kelasnya. Diantara kategorinya yaitu berdasarkan tempatnya yakni ada 2 :
  • IP Public, IP ini digunakan untuk menghubungkan komputer kita dengan dunia internet, IP inilah yang mewakili kita sebagai alamat yang akan digunakan untuk didaftarkan di ISP(Internet Service Provider), Biasanya IP public ini menggunakan kelas A.Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan kelas yang lain, namun lebih disarankan menggunakan IP kelas A. 
  • IP Privat, Jenis IP yang satu ini tidk terlihat ketika kita melakukan browsig ataupun sebagainya, karena IP ini bersifat tertutup dan cenderung disembunyikan. IP Privat ini sering digunakan dengan alamat penerjemah jaringan untuk menyambung ke Internet umum global.

Sedangkan kategori lain dari IP Address yang tidak kalah penting adalah kategori menurut kelasnya, mengapa kategori ini dibilang penting, karena dengan kelas ini kita bisa menentukan berapa banyaknya host dan network yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan tersebut, dahulu pembagian kelas ini hanya cukup 3 macam saja, namun seiring perkembangannya kini telah ditambah beberapa kelas lagi sesuai dengan range(jangkauannya). Kelas-Kelas dari IP Address ialah sebagai berikut :

  • Kelas A , IP address kelas A terdiri atas 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas A digunakan untuk jaringan dengan jumlah host sangat besar. Pada bit pertama diberikan angka 0 sampai dengan 127. 
  • Kelas B, IP address kelas B terdiri atas 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas B digunakan untuk jaringan dengan jumlah host tidak terlalu besar. Pada 2 bit pertama, diberikan angka 10. 
  • Kelas C, IP address kelas C terdiri atas 24 bit untuk network ID dan sisanya 8 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas C digunakan untuk jaringan berukuran kecil. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan Local Area Network atau LAN. Pada 3 bit pertama, diberikan angka 110.
  • Kelas D, Pada jaringan IP Address kelas D, 4 bit pertama dari IP Address ini adalah 1 1 1 0. Sedangkan bit sisanya digunakan untuk grup host pada jaringan dengan range IP antara 224.0.0.0 – 239.255.255.255. IP Address Kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh sejumlah komputer. Multicasting berfungsi untuk mengirimkan informasi pada nomor host register. Host-host dikelompokkan dengan meregistrasi atau mendaftarkan dirinya kepada router lokal dengan menggunakan alamat multicast dari range alamat IP Address kelas D. Salah satu penggunaan multicast address pada internet saat ini adalah aplikasi real time video conference yang melibatkan lebih dari dua host (multipoint) dengan menggunakan Mbone (Multicast Backbone).
  • Kelas E, Pada jaringan IP Address kelas E, 4 bit pertama dari IP Address ini adalah 1 1 1 1. IP address kelas E mempunyai range antara 240.0.0.0 – 254.255.255.255. IP Address kelas E merupakan kelas IP address eksperimen yang dipersiapkan untuk peng¬gunaan IP Address di masa yang akan datang.


    Terima Kasih .!







9 comments

Insya Alah dapat pertamax....
Dapat gak ya...hehehe...

Balas

Artikelnya bener-bener manteb dan berbobot...
Ternyata jaringan IP Address ada kelas-kelasnya juga toh...
terimakasih sob udah berbagi ilmu pengetahuannya :)

Balas

wah saya malah lupa mas sama IP Address saya hehehe :D soalnya sering ganti-ganti provider sih, jadi lupa karena IP nya banyak hehe :D

Balas

selamat ya maz marnes , , ,dapet pertamaxnya . . .
iya maz banyak kelas-kelasnya IP ituu

Balas

hehe . .iya mungkin Ip obtain mbak , ,jadi nggak perlu ngisi gak apa apa

Balas

gak begitu ngerti internet saya

Balas

hemz . .saya juga maz...
tapi nggak ada salahnya kan belajar , ,

Balas

mau tanya nich gan jika IPnya udah kita sharing seperti diatas. n saya ingin melakukan koneksi dengan VPN trus internet kita trus terkoneksi gmana?

Balas

mungkin kesalahan IP maz , , ,
Atau mungkin VPN sedang maintanance

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon