[Pemrograman] Pengertian Bahasa Pemrograman

Image By  www.winet7.com


Selamat Pagi.!
Bahasa Pemrograman ( Software Language ) merupakan notasi yang digunakan untuk mendiskripsikan proses komputasi, jadi dengan kata lain kita menuliskan sebuah bahasa yang digunakan untuk menjalankan proses komputasi baik itu bisa berupa komputasi input  proses maupun output. Orang bisa menuliskan sebuah bahasa ini menjadi proses komputasi disebut dengan Programmer. Meski bisa dikatakan Programmer yang handal, namun seorang programmer biasanya hanya memiliki satu bahasa andalan yang dikuasainya, karena meski pengetahuan semakin meluas, tapi dalam segi skill pasti akan lebih menyempit sifatnya.

Secara umum Bahasa pemrograman itu bisa dikelompokkan menjadii empat jenis diantaranya :

1.  Object Oriented Language
OOL Merupakan Bahasa yang paling sempurna, Bahasa ini mencakup kontrol sistem dan manajement perangkat keras komputer, serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Contohnya seperti

2. Machine Language ( Bahasa Mesin )
Merupakan bahasa yang sangat sulit untuk dipahami oleh manusia Kecuali bagi Insinyur pembuat mesin Komputer, Karena bahasa ini merupakan representasi tertulis dari kode mesin ( Machine Code) yaitu kode mesin untuk suatu operasi tertentu. Bahasa ini merupakan bahasa yang khusus digunakan, dioperasikan dan dieksekusi langsung oleh mesin. Bahasa ini menggunakan kode biner 0 dan 1 dalam abstraksi pembuatannya, maka dari itulah bahasa ini disebut juga  bahasa tingkat paling rendah karena jarang manusia yang bisa memahaminya.

3. Low Level Language ( Bahasa Tingkat Rendah)
Bahasa Tingkat rendah ini dalam prekteknya lebih sedikit diatasa dari bahasa mesin, jadi dalam penalarannya lebh banyak manusia yang bisa memahaminya. Tujuan digunakannya bahasa tingkat rendah ini adalah agar setiap intruksi yang dimasukkan oleh programmer tidak memerlukan translator (penerjemah). Bahasa ini merupakan bahasa yang paling dekat dengan bahasa mesin . Contoh nyata dari bahasa ini adalah Bahasa Asembly (Asembler).

4. Middle Level Language ( Bahasa Tingkat Menengah )
Semakin tinggi level sebuah bahasa, maka manusia yang bisa memahaminya akan semakin banyak. Contohnya dalam level menengah ini banyak manusia yang sudah bisa bahkan bisa dikatakan handala dalam menggunakan bahasa ini. Bahasa tingkat menegah ini menggunakan gramatikal dalam penulisannya. Lebih mudah dimengerti daripada Low Level Language. Contoh dari bahasa ini adalah bahasa C.

5. High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi )
Dalam bahasa yang paling atas ini, merupakan bahasa yang paling disukai banyak manusia. Banyak sekali manusia yang sudah mahir dalam menggunakan bahasa ini. Karena bahasa yang disajikan sangat mudah dimengerti oleh manusia. bahkan sekarang tanpa harus memasukkan script kita bisa membuatnya dengan model grafis. Contoh bahasa ini adalah Algol, Fortran, Pascal, Basic, Cobol, PL / 1, RPG.


Terima Kasih.!

Keyword : Bahasa Pemrograman , bahasa , Programmer .


Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon