[Pemrograman] Pemrograman Web

Image by : http://dewi-meliani.blogspot.com
Selamat Pagi .!

Tentunya kita telah mengetahui tentang banyaknya bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer dalam membuat sebuah aplikasi/software. Dari sekian banyaknya bahasa pemrogman yang digunakan, bisa dikategorikan berdasarkan tujuannya yaitu Pemrograman Web. Pemrograman web sendiri bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat user friendly dalam pembuatannya. Bahasa Pemrograman Web secara definisi sederhana menurut saya pribadi merupakan sebuah usaha yang dilakukan programmer untuk membuat website. Apabila dilihat dari sudut pandang script yang digunakan, sebenarnya tidak begitu banyak perbedaan antar bahasa pemrograman web maupun bahasa pemrograman dekstop/standalone, maupun bahasa pemrograman database. Seperti tag pembuka dan penutup, pendeklarasian variabel, serta pemanggilan method, kemudian pemanggilan database, serta pengisiannya dan manipulasinya, semuanya hampir sama, atau bahkan serupa, namun yang menjadi perbedaanya mungkin hanya dengan menggunakan jenis bahasanya yang berbeda.

Semakin berkembangnya pengguna Internet saat ni, memang memungkinkan banyak programmer yang lebih mengembangkan bahasa pemrogramannya di bidang website ini, karena faktor materil dan mungkin juga karena faktor riil. Dari sekian banyak bahasa pemrograman web yang dipakai, banyak sekali yang merupakan kombinasi/gabungan dari beberapa bahasa pemrograman yang digunakan. Metode ini dirasa sangat bermanfaat karena bisa menutupi kelamahan satu bahasa pemrograman dengan kelebihan bahasa pemrograman yang. Diantara bahasa pemrograman web yang sering digunakan saat ini antara lain : 

1. HTML (HyperText MarkUp  Language)
HTML merupakan bahan dasar yang perlu dipelajari oleh programmer dalam pemrograman web. Html dahulu muncul sebagai bahasa pemrograman web yang sangat fantastis kala sebuah website masih berupa tampilan text yang kurang menarik bagi sebagian orang. Ditarik dari pengertian dasarnya, Html Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diinstruksikan oleh pengguna kepada browser yang telah diinstall di komputer.

2. PHP (Hypertext Preprocessor)
PHP merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang diletakkan di dalam body Html, dengan ditambahkannya script didalam Html ini berfungsi sebagai salah satu pendayagunaan agar website yang dimasuki script Php ini lebih dinamis, jika hanya ada Html dalam website tersebut bisa dipastikan websitenya akan statis, Maka dari itu ditambahkanlah script Php ini dalam rangka membentuk website yang dinamis. Dilihat dari segi sintaksnya, Php ini hampir mirip dengan bahasa C , Java dan Perl, namun dalam Php ini ada beberapa fungsi yang lebih spesifik.

3. CSS ( Cascading style Sheet)
Css Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menstrukturkan beragamnya komponen-komponen website sesuai dengan keinginan programmer. Sebelum belajar tentang Css ini alangkah lebih bainya dahulu dikuasai Html, karena Css ini merupakan bahasa sebagai penyempurna dari kekurangan html dalam bidang tampilannya.

4. Java Script
Meski tidak semua programmer menggunakan bahasa ini ketika pembuatan website, namun Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded). Script ini dapat membuka halaman pop up, melakukan validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, mengubah kursor ketika melewati objek tertentu, berkomunikasi dengan server, dan banyak yang lainnya.


Terima Kasih.!


12 comments

selamat pagi ka, aku ngeblank ka kalo ngomongin pemrograman -_-

Balas

selamat pagi ...
hehh , , ,yang benerr niyh , ,padahal kan sering utak atik tempelate blog . .

Balas

Selamat siang..
Waduuuhhh pingsan dech akuu..
Kalau menghadapi progam memogram apa lagi ada CSS,PHP dll..
Mumet 9keliling

Balas

hehehehe , , , ,walah -walah , ,boongnya ketahuann tuh . .
padahal blognya penuh css java script tuh mbaknya , ,
thanks kunjungannya ya . .

Balas

ane punya CD tentang PHP tapi masih belum ngerti haha :D

Balas

hehe . .maz ini merendah . .
pasti bisa maz,,,semangat . .
sebenarnya php itu biasa diletakkan di dalam html . .jadi saran saya kuasai dulu HTML . .

Balas

masih belum paham soal pemrograman mas soalnya masih pemula. izin belajar disini ya :)

Balas

iyaa . . .mbak .
saya juga pemula kok , ,
thanks ya . . .

Balas

semakin berkembangnya jaman bahasa program macem2 jenisnya n belajar perlu terus belajar

Balas

iya maz,,,kalo nggak terus update bisa ketinggalan jaran , ,ups salah ,,,jaman dah

Balas

tetap aja sih kga ngerti :D

Balas

hehe . . .kalau kata dosenku . . . " bersabar dan berusaha" :D

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon