[Pemrograman] Pemrograman Mobile

Selamat Siang .!

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang pemrograman web dan pemrograman dekstop, kali ini saya akan membahaa tentang pemrograman mobile, yang merupakan jenis pemrograman yang ketiga menurut tujuan dibuatnya. Pada dasarnya semua pemrograman itu sama, tapi bila dilihat dari sudut pandang tujuannya, maka pemrograman mobile dapat saya simpulkan sebagai pemrograman yang bertujuan untuk membuat aplikasi yang diletakkan didalam mobile/handphone maupun smartphone untuk saat ini. Tentu dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile ini seorang programmer harus jeli menentukan interaksi antara manusia dan mobilenya tersebut, karena selain spesifikasi antara mobile dan komputer yang berbeda, screen yang ada pun juga semakin kecil, sehingga membutuhkan keuletan tersendiri dalam pembuaannya. Jika diamati, banyak sekali platform yang telah dikembangkan dalam pembuatan aplikasi basis mobile ini, diantaranya iOS, BB, RIM, J2ME, QT Mobile, Syimbian dan Android. Seperti yang saat ini sedang booming yaitu Android sebagai saingan dari BB.

Dari beberapa OS yang digunakan dalam pemrograman mobile, diantara OS yang paling banyak dipakai oleh user yaitu antara lain :

1. Syimbian
Syimbian merupakan sebuah OS yang dikembangkan oleh Syimbian.Ltd. yang bersifat close source. Saat ini telah banyak vendor-vendor pembuat handphone yang menggunakan OS ini dengn variasi yang sangat beragam. Mirip dengan kinerja OS pada komputer, Syimbian ini mampu melakukan multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Serta dukungan yang banyak dari aplikasi lain dalam penambahan fiturnya sehingga Symbian ini banyak digemari dikalangan pengguna. Namun yang menjadi dilema, dengan banyaknya dukungan aplikasi yang bervariasi untuk OS Syimbian, banyak pula virus yang akan berdatangan.

2. Java
Java merupakan sebuah OS Mobile yang sudah lama sekali malang melintang dibidang mobile maupun komputer. Dengan dukungan dari OS java ini sebuah mobile akan terlihat ebih attraktif dalam penggunaannya. Namun disi lain, sedikit sekali aplikasi pendukung yang digunakan dalam OS Java ini, sehingga banyak pengguna yang merasa bosan dengan OS Java ini. 

3. Windows Mobile
MIcrosoft  tidak hanya menghadirkan Os didalam komputer saja, mereka telah mengembangkan sayap dibidang mobile juga, karena semakin banyaknya mobile yang kapasitasnya hampir/bahkan melebihi sebuah komputer biasa. Windows Mobile ini Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. Microsoft mengumumkan platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile seri 6.x tidak dapat di upgrade ke Windows Mobile seri 7.

4. Apple iOS
Sebagai saingan berat dari microsoft dengan produk windows nya yang sangat fenomenal. Apple pun tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan OS basis  mobile. Dalam pengaplikasian yang dilakukan Apple menunjukkan sinkronisasi yang kuat sebagai media tambah dalam pengembangannya, Sehingga Iphone milik apple ini tidaka akan kalah saing dengan Windows Mobile milik Microsoft.

5. Android 
Seperti yang kita rasakan sekarang, banyak sekali hanphone/gedget yang telah meuncur dengan OS Android ini, Android merupakan OS yang dirancang dengan basis linux ini mampu bersaing dengan windows mobile maupun Apple, Bahkan dari data survey pengguna Android ini telah melampaui pengguna Apple maupun Windows Mobile. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

6 BlackBery 
Sistem operasi ini dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini bermarkas di Waterloo, Ontario. OS ini saat ini digunakan oleh ponsel BlackBerry keluaran RIM. Sistem operasi dapat melakukan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan seperti trackwheel, trackball, dan yang paling baru-baru ini, yang trackpad dan touchscreen.Platform BlackBerry menyandang MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, ketika digunakan bersama dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2. Pembaruan sistem operasi secara otomatis tersedia dari operator selular yang mendukung layanan. OTASL BlackBerry (over the air software loading) pengembang pihak ketiga dapat membuat perangkat lunak menggunakan BlackBerry API yang tersedia (application programming interface/aplikasi pemrograman antarmuka), meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus dalam keadaan “digitally singned”. RIM mengembangkan dan rilis versi update dari sistem operasi untuk mendukung masing-masing perangkat, terserah operator individu untuk memutuskan jika dan ketika versi dilepaskan untuk para penggunanya.


Terima Kasih .!





23 comments

ijin nyimak aja gan ;)

Balas

Komplit Pemrograman Mobile nya Mas. Makasih

Balas

iya mbak . . .thanks ya

Balas

thanks ya maz. . . .

Balas

ternyata agak sulit juga ya belajar pemograman hmmm harus step by step ya mas belajar nya. Terimakasih mas atas share nya ya. Sangat bermanfaat untuk saya yang masih pemula :)

Balas

ooh . .mbak ririn lagi
iya mbak . .step step trus kalo bisa satu aja ditekuni . .

Balas

Lengkap banget nih infonya, selama ini belum pernah cari tahu... Thanks :)

Balas

walah-walah . .mbak maria ini bisa aja

Balas

Selamat sore Sahabat setiaku Mas Ell Ibnu yang keren ini
Mantap Mas Artikelnya super kumplit. wah ciyeciye kata
Mbak Maria mah hehhehe saya bisa belajar banyak nih
Di Mas Ell tentang pengetahuan Mobile. makasih Mas Ell salam sukses :)

Balas

Betul Mbak Ririn agak sulit yah. kita belajar langsunag
aja sama Mas Ell Mbak dia ini Master nya lho salam hormat
Buat Mas Ell dan sahabat semua :))

Balas

wahh . . .maz kariz ini terlalu mengada ada saja . . .
maz, kariz ini pemrograman web nya mazter banget . . .kok

Balas

iya maz kariz . . .maz kariz niy motivator saya . .pemrograman web nya handal bangett . . .

Balas

hehe..saya kirra banyak dijelaskan tentang pemrograman untuk mobile.. eh rupanya banyak ke pnjelasan OS untuk mobile ya.. tapi semuanya berhubunga, mantap gan (y)

Balas

iya,,,proses masih berlanjut , ,
pengenalan dulu . .
kata pepatah kan tak kenal maka tak sayang , ,ehehehe

Balas

keren sekali materi yang disampaikan sob...saya ikut menimak ya...soalnya saya blank banget kalau soal yang beginian hehe

Balas

iya sob , ,nyimak saja kadang saya juga suka nge BLANK , ,heheh

Balas

Hadir kemabali di artikel kerenya Mas Ell
Keren Mas saya jadi nambah engalaman nih?
O ya tombol Follow blog nya koq gak ada di
Blog Mas Ell ini saya jadi gak bisa folback ni Mas Ell..:-?

Balas

Saya juga ikut nyimak sekaligu belajar pemograman nih
Biar pinter kaya Mas Ell salam sukses Mas Ell :)

Balas

Gak juga koq Mas Ell saya hanya newbie yang tak ada apa-apanya
Di banding Mas Ell dan Sahabat lainya yah Maklum saya orang
Udik Mas yang tinggal di daerah yang jauh dari keramaian Kota :(

Balas

Biasa aja Mas saya hanya belajar dan berupaya untuk saling
Berbagi dan ingin membantu jika saya bisa dan Mampu saya
Sangat bangga dan Bahagia bisa jadi Sahabat Mas Ell salam sukses :-d

Balas

walah , ,walah ,,
selalu saja begituu,,maz kariz ini , ,buktinya sharing artikelnya luar biasa menantang bab -bab nya

Balas

ada maz...di atasnya footerr. . . .mazz...
thanks kunjungannnya

Balas

iya maz,,,karena ilmu itu ibarat sumur ya maz...semakin sering diambil airnya semakin jernih airnya , ,hehe

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon