[Komputer] Struktur Operating System (OS)

Image By : omnitechsupport-scam.com

Selamat Pagi .!

Seperti yang telah saya postingkan kemarin tentang Macam-macam software yang diantaranya adalah Operating System (OS), Operating System adalah sebuah software yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware komputer yang dipunyai. Dalam pengaplikasian/implementasinya, OS memiliki beberapa struktur yang diantaranya adalah :

1. Management Proses
Dalam hal ini OS bertanggung jawab atas kegiatan yang berhubungan dengan pengaturan proses, diantaranya yang ditagani OS dalam struktur ini misalnya pembuatan proses, penundaan, pembatalan dan melanjutkan proses dan lain sebagainya.

2. Management Memori Utama
Disini Os bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan memori, yang dalam hal ini berkaitan erat dengan RAM komputer sebagai penyimpanan data atau lebih tepatnya perintah sementara, sebelum dieksekusi oleh procesor.

3. Management Secondary Storage
Sebagai tugas OS yang ketia kali ini yaitu bertanggung jawab atas penyimpanan data yang sifatnya permanen/tetap jadi lingkup kerjanya seperti pada Harddisk, Flashdisk, CD maupun DVD. 

4.  Management I/O
Dalam management kali ini OS menyediakan sebuah driver atau bisa dikatakan dalam bahasa indonesia sebagai sopir yang akan memandu peralatan input dan output dalam melakukan tugasnya, tanpa adanya driver ini seakan Perlatan input/output akan kehilangan arah dalam melakukan tugasnya, sama halnya didunia nyata seperti mobil tanp[a seorang sopir.

5. Management Berkas/data
Tugas OS selanjutnya yaitu sebagai sutradara dalam film yang mengatur dalam peran pembuatan, manipulasi maupun penghapusan sebuah data/berkas.

6. Sistem Proteksi
Ibarat sebuah kerajaan pada zaman dahulu, pasti membutuhkan sebuah benteng yang kuat untuk melindungi wilayanhnya dari gangguan musuh. Sama halnya dengan itu OS disini berperan dalam perlindungan hak akses pengguna dalam mengambil sumber daya. Jadi tidak semua user dapat seenaknya dalam mengambil sesuatu di dalam komputer tersebut. 

7. Command Interpreter System
Tugas OS yang terakhir yaituOS menunggu intruksi atau perintah dari pengguna/user. Program yang membaca intruksi dan mengartikan kontrol statement umumnya disebut dengan control card interpreter, command line interpreter dan UNIX shell.


Terima Kasih .!


10 comments

Selamat siang mas Ibnu....
ijin menyimak artikel yang cukup menarik dan bermanfaat ini, lumayan dapat pengetahuan dan wawasan baru nie nie tentang struktur operating system, kayaknya saya dapet pertamax nie, dapet gak ya? :D

Balas

dapet pertamax maz , ,selamat ya , ,hehehe

Balas

Ijin simak Mas pelajaran komputernya sangat
Membantu tentang komputer saya sangat
nol pengalamanya Mas Ell

Balas

terus kalo untuk os yang terbaik menurut mas ell apa?

Balas

wah jadi nambah pengetahuan nih,baca artikel yang satu ini,terimakasih sob untuk artikelnya,,,

Balas

selalu bercanda maz kariz ini , , ,hehehe

Balas

ya tergabtung maz,,,
untuk pemilihan OS itu tergantung pribadi masing-masing , kalau saya tetep pakek widows saja. soalnya belum bisa gunakan yg lain maz,,,hehehe

Balas

iya maz,,thanks ya kunjungannnya . . .

Balas

berarti sama dong kita....hehe

Balas

hehe iya maz , ,pernah cobain pakek linux virtual . .tapi ngah ngoh , ,hehehe

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon