[Komputer] Sejarah Komputer


Selamat pagi .!

Mengawali postingan di blog baru perdana ini, tentu kita ingat bahwa Bapak Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno pernah berkata " Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya" dari kalimat ini kita bisa mengambil garis bawah berarti kita harus mengetahui sejarah dari suatu bangsa tersebut. Maka dari itu dalam sesi pertama penulisan ini saya lebih memilih tentang sejarah komputer tersebut.

Dahulu kala, Komputer itu berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare yang berarti menghitung. Dalam bidang ilmu yang di pelajari komputer sangat bervariasi dan beragam serta pengembangan yang sangat cepat dibandingkan dengan penggunanya, maka ada pengertian lain yang diutarakan oleh Mc-Graw, Dia mengungkapkan bahwa Komputer adalah mesin elektronik yang cepat yang dapat menerima informasi secara digital llu di proses yang kemudian akan menghasilkan output atau keluaran ( baca: McGraw-Hill, 2001).


Tahun 1822: ilmuan bernama Charles Babbage mengungkapkan idenya membuat alat yang memiliki kemampuan untuk menghitung pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Peninggalanya tersebut kini masih bisa dijumpai di Museum of Science London.

Tahun 1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry di tahun tersebut mulai membuat sebuah desain komputer digital elektronik pertama. Alat tersebut kemudian diberi nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). Komputer ABC tersebut memiliki kemampuan terbatas yaitu hanya menghitung penambahan dan pengurangan.

Tahun 1943: Tahun tersebut merupakan masa Perang Dunia 2 dan seorang ilmuwan kebangsaan Inggris Alan Turing membuat desain komputer elektronik yang dirancang untuk keperluan militer Inggris. Sebagai komputer militer, alat tersebut ditujukan untuk dapat menembus kode pertahanan Jerman.

Tahun 1944: Howard Hathaway Aiken seseorang berkebangsaan Amerika membuat sebuah komputer dinamai Mark I. Komputer ini adalah komputer dengan kemampuan hitung digital pertama. Namun jangan heran melihat ukuranya yang super besar yaitu dengan luas 7,45 kaki x 50 kaki dan memiliki bobot sekitar 35 ton. Keunggulan dari Mark I yaitu kemampuanya yang sudah mendukung untuk digunakan menghitung probabilitas.

Tahun 1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah ide trobosan tentang penyimpanan data pada komputer yang pada saat itu masih berupa ide saja. (Baca : Sejarah Komputer)



Terima Kasih.!

Keyword : Sejarah, Sejarah Komputer , Komputer


Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon