[Komputer] Power Supply


Selamat Pagi .!
Power Supply atau biasa saya menyebutnya dengan Penyuplai daya listrik pada masing-masing bagian/komponen komputer. Tugas utama dari Power Supply ini adalah sebagai penyuplai daya listrik kepada komponen komputer yang membutuhkan, sekaligus sebagai pengubah tegangan arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Kenapa arusnya mesti diubah, mungkin pertanyaan ini konyol sekali ya, tapi saya menjawabnya juga konyol tapi mengena, ya karena komponen komputer yang membutuhkan daya listrik seperti motherbord, kipas, harddisk dll bisanya bekerja dengan arus yang searah(DC) tidak bisa bekerja apabila arusnya bolak-balik, jadi inilah kegunaan paling utama adanya Power Supply.

Dari gambar di atas kita bisa melihat banyaknya kabel yang perlu ditancapkan pada motherboard ataupun yang laiinya, sebenarnya kabel tersebut tidak harus tertancap semuanya, yang terpenting dan harus ditancapkan ada beberapa saja, yaknitergantung dari konektor masing-masing. Konektor tersebut yang akan menentukan tempat dimana dia berada, konektor tersebut antara lain :
 
  1. Konektor 20/24 PIN ATX motherboard, konektor ini akan langsung dihubungkan ke motherboard karena berfungsi untuk memberi daya pada motherboard.
  2. Konektor 4/8 pin 12V, Konektor 4 pin 12 volt biasanya digunakan pada komputer P4 sedangkan konektor 8 pin 12 volt biasanya digunakan untuk komputer server. Konektor ini berfungsi untuk memberikan supply daya khusus ke processor.
  3. 6 pin AUX power kabel , konektor ini berfungsi untuk memberikan data pada komponen VGA card yang berjenis PCIe keatas yang membutuhkan daya lebih untuk bekerja.
  4. Konektor 4 pin peripheral , Konektor ini berfungsi untuk menyuplai daya ke komponen - komponen seperti: harddisk, CD ROOM, grafik card, cashing fan dan lain-lain.
  5. Floppy Disk Power Kabel, konektor ini mempunyai unkuran yang sangat kecil yang digunakan untuk mensuplai daya ke floppy disk.
  6. SATA Power Kabel , Konektor ini digunakan untuk mensuplay daya ke komponen-komponen yang mempunyai port SATA seperti: harddisk SATA, CD Room SATA.

Sedangkan ditinjau dari jenisnya, Power Supply ada dua macam, yakni :
 
Power Supply AT
Power Supply jenis ini mempunyai 2 konektor power (P8 dan P9) yang akan dihubungkan ke motherboard, sehingga pada saat memasang konektor power tersebut harus sangat hati-hati agar tidak terbalik. Cara pemasangan konektor power AT yaitu dengan melihat kabel yang berwarna hitam dari kedua konektor tersebut (P8 dan P9), kemudian jika disejajarkan kabel hitam dari kedua konektor tersebut akan saling bertemu jika kedua konektor disatukan. Pada power supply jenis ini ada tombol ON/OFF yang langsung dihubungkan ke casing komputer sehingga untuk menyalakan maupun mematikan komputer kita harus menekan tombol power tersebut. Power Supply jenis AT jarang ditemukan pada saat ini karena power supply jenis ini digunakan pada masa Pentium II dan Pentium III.

Power Supply ATX
Power Supply jenis ini memiliki kabel power sudah menjadi satu kesatuan 20 dengan jumlah 20 pin yang akan dihubungkan ke motherboard untuk memberikan tegangan yang dibutuhkan motherboard. Pemasangan kabel power jenis ini lebih mudah dibandingkan dengan power supply jenis AT karena konektor power sudah disesuaikan dengan port konektor power yang ada pada motherboard, sehingga pemasangan konektor ini tidak mungkin terbalik karena jika terbalik konektor ini tidak bisa terpasang pada motherboard. Power Supply ATX dilengkapi dengan power switch atau biasa disebut auto shutdown sehingga untuk mematikan komputer bisa dilakukan dengan menekan tombol shutdown tanpa harus menekan tombol power komputer. Power supply jenis ini dipakai untuk komputer Pentium III hingga sekarang.


Terima Kasih .!
Tag : Komputer
18 Komentar untuk "[Komputer] Power Supply "

Power supply yang paling rentang rusak ya kalau di PC. Mangkanya harus pakai stabilizer

gk mudeng masalah power supply mas, bnyak banget jenisnya

sepertiny saya pernah dengar nama power supply ini, tapi nggak tahu kegunaannya hehehe :D
jadi tambah ilmu baru nih buat saya. Thanks mas atas share nya ya :)

hehe . .bner maz, ,harus pakek ntuh stabilizer

terima kasih ya maz kunjungannya

jenisnya cuma dua maz , , ,
kalau konektornya banyak

terima kasih mbak kiki , , ,

hehe , ,iya mbak ririn , ,
thanks ya

saya follow ya mas??
artikel nya bagus dan keren mas!!!!

terima kasih follownya mbak yang cantik , , , , ,
kunjungan balik ya . meluncur

artikelnya ilmiah....sip

Jadi tau nih masalah Power supply.. Terimakasih Mas ilmunya.
Blognya sudah saya follow :)

Kebetulan power supply PC Saya lagi gak konex kaya nya mati deh Mas Ell
dan saya gak bisa service kaya nya harus di bawa ke Matrial deh ehhh :d
Di service komputer. makasih artikelnya Mas Ell salam sukses :) (c)

hahah , , ,maz kariz ini selalu membuat mulas perut saya saja , , , :-d

hehee , , ,salam Sukses balik buat maz karis yang sudah sukses banget . . (h)

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!

Back To Top