[Jaringan] Jenis - Jenis Router


Selamat Sore .!
Melanjutkan postingan pagi tadi kawand, Ditinjau dari jenisnya, ada tiga jenis dari Router. Sedikit mengulas balik tentang apa itu Router dan bagaimana cara kerjanya, Router ini berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan dengan ip Host yang berbeda, Dengan Adanya Router ini maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain. Dalam OSI Layer Router ini berada di bagian Network Layer. 

Langsung ke jenisnya, Jenis Router ada 3 yaitu :
  1. Router Aplikasi, Router jenis ini sangat banyak disukai, namun jarang digunakan. Router jenis ini dapat kita install di Sistem operasi kita, jadi sangat simpel, Dengan aplikasi ini kita bisa memakai router tanpa harus mempunyai hardwarenya. Contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.
  2. Router PC. Hampir sama dengan rouer aplikasi , namun yang jenis ini kita menggunakan PC yang khusus untuk di install sebagai router saja, jadi PC ini hanya digunakan untuk Router saja, Sehingga tidak digunakan hal lain, Dari segi harga memang lebih irit daripada harus menggunakan Router Hardware yang lumayan mahal. Namun dari segi pemakaian daya Satu PC ini lumayan banyak memakan daya Listrik. 
  3. Router Hardware,  Router Hardware adalah merupakan hardware yang memiliki kemampuan sepertiu router, sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP Address, pada prakteknya Router hardware ini digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah, contoh dari router ini adalah access point, wilayah yang dapat mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

Terima Kasih . !


7 comments

pelajaran buat saya yang sedang giat mencari informasi...makasih ya mas

Balas

Mampir yukkk sembari tinggalin jejak di www.catetan.deannsetiia.net :)

Balas

iya mbak , ,terima kasih ya sudah mampir

Balas

siipp boz

Balas

Router kalau boleh tau fungsinya sebenarnya untuk apa mas, maklum udah lama ga belajar jaringan? apa hampir sejenis dengan mikrotik atau Access Point?.

Balas

kalau mikrotik itu betul router maz . . .
tapi menurut jenisnya router mikrotik itu disebut router PC ,,karena satu PC khusus diinstall mikrotik saja

Balas

harga mikrotik kira-kira berapa ya, mas?

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon