[Pemrograman] Visual Basic (VB)


Selamat Pagi .!
Tulisan terakhir di akhir tahun 2013 ini kawandku semuanya, Semoga di tahun depan 2014 bisa tetap menulis dengan lebih intensif dan lebih baik lagi ya. Langsung ke inti. Microsoft Visual Basic, atau lebih dikenal dengan nama Visual Basic saja adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang hampir mirip dengan Java dan Delphi yang telah kita bahas dalam tulisan saya sebelumnya.Visual Basic Atau biasa disingkat dengan VB saja ini merupakan bahasa pemrograman yang bersifat even driven dan menawarkan IDE ( Intregrated Developtment Environtment visual), untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasi sistem operasi  microsoft windows. 
 menggunakan model COM ( Common Object Model). Apabila kita mengetahui bahasa pemrograman Borland Delphi yang merupakan bahasa yang menggunakan turunan pascal, maka kalau Visual Basic merupakan turunan dari Bahasa BASIC menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda

Memang dalam kurun waktu saat ini banyak survey yang telah membuktikan bahwa 62% Programmer lebih memilih menggunakan Visual Basic ini untuk mengembangkan softwarenya, Namun bila dilihat dari sifatnya ini Visual Basic akan sangat tidak berguna bila kita menggunakan OS selain Microsoft Windows. Teteapi terlepas dari itu memang saya sendiri juga mengakui bila menggunakan Visual Basic ini lumayan lebih mudah dalam membuat sebauh aplikasi, karena memang VB sendiri juga mendukung OOP dan Ditambah Tool-tool yang beraneka ragam dan bervariasi, serta pendeklarasian yang mudah tidak terlalu ribet seperti misalnya dalam bahasa C. 

Setiap Programmer yang akan membuat sebuah aplikasi, apapun itu, hendaknya dia mengetahui struktur dasar dari bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membuat, maka dari itu struktur dasar yang akan coba saya aparkan di bawah ini adalah struktur dasar dalam Visual Basic yang struktur dasarnya sebenarnya cuma ada 2, Namun percabangannya lumayan banyak, yaitu :

1. Bagian deklarasi Program
Bagian ini merupakan bagian peletakan semua deklarasi data yang akan digunakan. Secara umum kata cadangan yang merupakan bagian dari deklarasi adalah: Dim, Private, Const, dan type.

  a. Deklarasi Dim atau Dimension.
Dim atau Dimension adalah kata cadangan yang sering dipakai mendeklarasikan Variabel yang akan digunakan dalam visual Basic. Pendeklarasian dengan pernyataan Dim berlaku pada pemograman modul, program dan sub-program.

  b. Deklarasi Publik
Publik merupakan pernyataan yang menggantikan pernyataan global dalan Visual Basic. Pernyataan Publik menyatakan bahwa semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara umum. Publik merupakan pernyataan level modul, artnya pernyataan ini pada dasarnya dideklarasikan pada semua modul.

  c. Deklarasi Private
Private menyatakan bahwa semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara khusus (private). Pernyataan private merupakan pernyataan level sub-program, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada sebuah sub-program.

  d. Deklarasi Statis
Static sering digunakan untuk suatu variabel atau nilai agar tepat atau tidak berubah, selama program dijalankan. Pernyataan statik merupakan pernyataan level sub-program, artinya pernyatan yang pada dasarnya dideklarasikan pada bagaia sub-program.

  e. Deklarasi Const atau Constanta
Const atau constanta sering dipakai pada bagian deklarasi untuk memberikan harga konstan pada suatu variabel. Const merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan const sering dipandu dengan pernyataan publik atau private.

  f. Deklarasi Type
Type dipakai bada bagian deklarasi untuk mendefenisiskan type data terdefenisi. Dimana type data ini dapat mengandung satu atau lebih dari suatu type data.
Type merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan type sering dipandu dengan pernyataan public atau private.

22. Bagian Pernyataan Program
Program pada bagian ini ditulis pada jendela kode, jendela modul maupun jendela sub-program. Program pada bagian ini dapat memuat semua pemograman pengendali (event driven programming) yang merupakan salah satu kelebihan pada visual basic.



Terima Kasih .!








11 comments

Semoga pertamax hehe, perlu banyak belajar tentang basik visual. hhehe

Balas

Oh iya blognya sudah saya follow dan fpnya sudah saya like, saya tunggu di ikerenki.blogspot.com ya?

Balas

nice info gan,, kebetulan saya suka pemrograman menggunakan Visual Basic

Balas

hehe, ,selamt maz dapat pertamaxx . . .thanks ya maz . .kunjungan balik meluncur

Balas

iya maz, , ,wah bisa ngajarin saya donk kapan-kapan , ,hehe

Balas

pemograman basic aja sulit mas, apalagi yang advanced nich, pasti mumet hehehe :D

selamat tahun baru 2014 mas, semoga makin sukses aja ngeblog nya. dan bisa lebih baik dari tahun sebelum nya :)

Balas

hehe , ,iya mbak ririn , ,sama -sama ya

Balas

keren2, artikelnya mantab! thanks udah share!

- Blogwalking Mastutorial -

Balas

iya maz, , , ,
blogwalking meluncurr maz

Balas

Mampir dan tinggallkan jejak nyokk di www.catetan.deannsetiia.net:)

Balas

terima kasih ya maz kunjungannya

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon