[Pemrograman] JAVA


Image By : http://rionoadi.blogspot.com/
Selamat Pagi .!
Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh SUN, yang dibentuk pada tahun 1991 oleh team yang bernama green. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat sederhana namun berwawasan luas dan menyeluruh. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi obyek (OOP), dengan OOP ini Java dapat menyelesaikan masalah dengan mempresentasikannya sebagai objek jadi akan semakin mempermudah proggrammer dalam pembuatan. Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mendiskripsikan bebarapa Struktur dasar dalam pemrograman java, tentunya setiap bahasa pemrograman akan memiliki struktur dasar yang akan menjadi landasan dalam penulisan script dan cara kerjanya. Diantara Struktur dasar dalam pemrograman java ini antara lain :

1. Coments/Komentar
Coments ini berfungsi untuk mendiskripsikan apa yang yang ingin disampaiakan programmer pada pembaca sourcecodenya, Coments ini tidak dikompilasi oleh compiler, karena hanya sebagai penjelas dari apa maksud penulisan script tersebut. di dalam java coments bisa ditandai dengan dua macam. ada yang menggunakan tanda double slash ( //) sebagai tanda coments yang akan disampaikan. Ada juga yang menggunakan tanda ( /* dan */ ) sebagai tanda untuk mentyatakan coments dengan satu baris atau lebih. Namun dalam pengaplikasiannya progrrammer lebih banyak menggunakan tanda yang pertama, karena lebih mudah penempatannya dan banyak yang mirip tanda ini dengan bahasa pemrograman yang lain.

2. Reserved Word / Keyword
Hampir mirip dengan apa yang biasa ditulis oleh blogger semuanya, kata kuncin memang sangat menentukan dalam penulisa artikel dalam blogger. Sama halnya dengan penulisan biasa, dalam java juga terdapat banyak keyword yang bisa digunakan, diantara contohnya adalah Public,Privat, Class, String Dan lain lain sebagainya.

3. Statements
Cocok dengan makna dasar dari Statement yakni pernyataan, hanya bedanya apabila dalam java ini berupa perintah, Perintah yang dituliskan dalam bentuk script yang akan dieksekusi oleh compiler, Perintah ini dinamakan dengan Statements. Dalam penulisan statements ini harus memenuhi kaidah pengkodingan agar bisa dicompile oleh compiler. Dan dalam java statement ini selalu diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ) .

4. Modifier
Java menggunakan beberapa kata khusus tertentu yang disebut modifiers yang berfungsi Untuk menetapkan property dari data, method, atau class dan bagaimana cara Menggunakan nya. Macam-macam modifier ada 3 yaitu Public Private dan protected, yang masing-masing ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam penggunaanya. Yang mungkin akan saya bahasa dalam artikel selanjutnya.

5. Class
Class dalam java berfungsi untuk mebedakan status dari pemodelan object tersebut. Dalam pemrograman yang berorentasi obyek ini, penggunaan class sangat dibutuhkan untuk memecah beberapa objeck tersebut menjadi beberapa bagian penting.

6. Method/fungsi
Method adalah sesuatu yang terdapat di dalam class, jadi setidaknya dalam sebuah class hendaknya terdapat satu atau lebih method yang digunakan. Yang pada intinya bila didalam java method tidak bisa berdiri sendiri, karena harus berada didalam class.

7. Main Method
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tiap class harus memiliki method , dan class utama dalam program juga harus memiliki method utama yang disebut juga main method.main method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan tugasnya.


Terima Kasih .!



22 comments

Bahasa pemrograman java keren .
tapi kalau udah terjun ke ngoding , yaa ampuun .

Balas

hehe . .iya maz...
lebih enakan pakek pascal ...delphi contohnya

lebih enak , ,

Balas

Saya pernah gak lulus gara-gara bahasa pemrogramam java nie mas hehehe....
akhirnya dapat nilai D deh, mumet banget kalo dah ngomongin masalah pemrograman java :d

Balas

hehe . .saya sebenarnya gak begitu memahami juga maz bahasa ini . .
padahal dosennya cantik , ,heheh
gak nyambung ya

Balas

Iya juga ya, hehehe
berati yang buat tuh , hobby kopi panas wkwkwk

Balas

Thanks gan infonya.
Di pelajarin dulu gan, hehe..

Balas

makasih infonya,.

kunjungan perdana

Balas

hehe . .iya mungkin maz ya . .
hobi yang sama donk , ,hehe

Balas

hehe , ,iya gan . .
sama -sama belajar

Balas

oke gan , ,kunjungan balik meluncur , ,ke TKP

Balas

Kalau masalah java saya blank sob jadi saya nyimak aja ya :D

Balas

Saya juga gx tau mas masalah ginian :D

Balas

hehe iya gan gak apa apa kok / /

Balas

hehe. . .saya juga baru belajar gan

Balas

ternyata pemograman java ini mempunyai struktur dasar yang lumayan banyak juga ya mas. Thanks informasinya ya :)

Balas

hehe. . .iya mbak

Balas

thank gan infrmasinya, disekolah saya juga belajar ginian, tapi saya mumet :D

Balas

tambah ilmu baru nich mas tentang pemograman java, thanks banget ya atas share nya :)

Balas

hehe , ,minum oskadon saja mbak dwi ya. . .

Balas

hehe , ,iyya mbak ririn . .

Balas

semester ini saya ngulangi java, malah ketemu dosen yang sama..
hate java.. :(

Balas

bersabar Om . . .untung dosen saya free . .boleh milih bahasa sesukanya . . .
Java memang agak mengerikan ya Om heheh

BTW thabks kunjungannya ya . .

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon