[Komputer] Pengertian dan Macam Software Komputer


Image By: http://www.mlarik.com
Selamat Malam.!
Mengawali malam yang disirami hujan oleh Tuhan YME kali ini, setelah kemarin saya telah memaparkan tentang hardware komputer. Maka untuk melanjutkan perlu sebuah tambahan dari dari hardware, yakni Software Komputer. Seperti kita tahu bahwa Software Komputer adalah perangkat lunak, yang tidak bisa diraba ataupun disentuh namun dapat dirasakan manfaatnya. Dalam dunia komputer Software Komputer bisa diartikan sebagai jembatan penghubung antara user dan hardware yang ada didalam komputer tersebut. Atau bisa dijelaskan bahwa Software Komputer adalah penerjemah perintah-perintah yang diinstruksikan oleh user/pengguna guna dilaksanakan oleh hardware dalam pengeksekusiannya. Jadi bisa dikatakan Software Komputer ini alat yang sangat diperlukan dalam membangun sebuah komputer.

Software Komputer dibedakan Menjadi beberapa Macam :

1. Sistem Operasi ( Operating System )
Operating System atau lebih dikenal dengan OS ialah rangkaian atau seperangkat program yang berkaitan untuk mengelola sumber daya hardware komputer, dan menyediakan layanan umum untuk kebutuhan perangkat lunak. Sistem Operasi ini sangat penting bagi  program aplikasi yang lain.

2. Software Aplikasi 
Perangkat lunak aplikasi (software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

3. Software Developtment Tool
Software jenis ini adalah software yang dikembangkan oleh programmer guna menambah kwalitas atau semakin memperbagus aplikasi tersebut.

4. Software Device Driver
Dalam bahasa sederhana driver bisa diartikan sebagai sopir. Jadi yang dimaksud dengan software jenis ini adalah sebagai pemandu sebuah hardware yang beru dipasang di komputer guna sinkronisasi.

Terima Kasih.!



8 comments

tiap kali maen kesinih, pasti dapet ilmu tentang jeroan komputer, andai rumah kita deketan...pasti laptopku ini minta di instalin ulang ke akang...suwer deh.

Balas

wkwkwk . . . .akang ini bisaa saja bercandanya . .

Balas

jadi ingat pelajaran komputer saat sekolah dulu

Balas

saya beruntung bisa mampir kesini, karena memperoleh pengetahuan komputer , terimakasih sobat sudah berkenan berbagi ilmu... salam ;-)

Balas

hehe . . .pastii sekolahnya dahulu di SMK ya . . .

Balas

wahh . .iya terima kasih . .salam

Balas

ane ikut nyimak aja gan....
thanx udah share

Balas

oke thanks ya gan . . .

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon