[Jaringan] Arsitektur Jaringan

Image By : wanzhoe.wordpress.com

Selamat Sore .!

Jaringan Peer to peer ialah arsitektur jaringan yang dimana setiap server yang ada dalam jaringan ini bisa menjadi client/host. Begitupun sebaliknya disisi client/host bisa juga menjadi server dalam prakteknya. Tipe jaringan model arsitekstur seperti ini biasanya hanya digunakan untuk menghubungkan dua komputer saja, karena akan sangat tidak pas jika digunakan dalam jaringan berskala besar. Dilihat dari segi kekurangannyya jaringan model arsitektur peer to peer ini juga kurang mendukung dalam sistem keamanan data, jadi masing-masing client maupun server datanya dapat diambil sesuka hati tanpa ada halangan yang membatasi. Namun apabila Arsitektur jaringan model seperti ini diterapkan dalam menghubungkan dua komputer saja, akan sangat menghemat biaya dalam penggunaannya dan juga tidak membutuhkan administrator yang terlalu handal untuk menanganinya. Tetapi, model arsitektur jaringan ini mungkin sudah tidak banyak diterapkan dalam kehidupan saat ini, karena pengguna akan lebih memilih menggunakan Wifi daripada harus repot-repot memasang kabel.

Lain halnya dengan Arsitektur Jaringan Model peer to peer, Merupakan kebalikan dari peer to peer yaitu adalah model arsitektur jaringan client server, dimana dalam jaringan ini client hanya bersifat sebagai penerima data dari server sebagai penyedia informasi, dalam segi control client tidak bisa melakukan control terhadap client lain sehingga client hanya diberikan hak akses secukupnya dalam penggunaannya. Namun disisi lain arsitektur jaringan model ini membutuhkan biaya yang lumayan besar serta perangkat yang lumayan banyak dalam pembangunannya  serta membutuhkan administrator yang handal dalam mengatasi jaringan yang ada, meski dalam segi keamanan data di dalam server sangat terjaga. 

Tapi sekarang, banyak yang telah menggunakan jaringan tanpa kabel/wireless dalam arsitektur jaringan model ini disediakan wireless ini sama modelnya dengan yang memakai kabel. Ada yang namanya peer to peer dan ada juga client server adhoc atau yang lebih dikenal dengan nama WLAN. Pada dasarnya setting dan penggunaan dari arsitektur jaringan yang tanpa kabel/wireless dan yang menggunakan kabel ini sama saja. Hanya yang membedakan adalah media transmisi pengiriman informasi maupun datanya saja yang berbeda.

Terima Kasih .!


8 comments

Selamat Malam Sahabatku Mas Ell artikelnya sangat bermanfaat
Buat namabah wawasan tentang Pengetahuan Jaringan Arsitektur jaringan :)
Ini saya kurang pham lho Mas ijin simak dan belajar yah Mas terima kasih :-bd

Balas

waduhh , , ,mazz kariz ini bisa aja . . .iya maz silahkan

Balas

kalau saya lebih suka terhubung tanpa kabel mas.. :D

Balas

seperti materi pelajaran RPL ;) nice kawan

Balas

iya maz,,,nggak ribet , ,
tapi kalo di PC ya , ,mesti punya hardware wireless dulu , ,hehe

Balas

ohh , ,ya beda donk mbak dwi . .kalo RPL kan pengembangan softwarenya, ,

Balas

kunjungan siang, ikut menyimak dan selamat melanjutkan aktifitasnya :D

Balas

hehe , ,mbak elsa niy bisa saja , ,
thanks mbak kunjungannya

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon