Selamat Pagi .!
Computer Aided Instruction (CAI) Merupakan penggunaan komputer yang dkhususkan untuk belajar siswa. Pada intinya menurut pengamatan dan analisis saya sendiri, CAI merupakan sebuah media belajar siswa dengan komputer, dimana didalamnya terdapat materi pelajaran, baik bisa berupa gambar, suara, video ataupun teks. Seiring dengan semakin berkembangnya sistem komputer itu sendiri, CAI semakin banyak digunakan disekolah-sekolah maupun di instansi dan merupakan media yang sangat disenangi di kalangan pelajar. Misalnya pada simulasi pembuatan SIM, ada sebuah game yang dimana didalamnya tersebut ada cara-cara bagaimana kita bisa menjadi seorang sopir kontainer/truk lainnya, dan sebagai contoh lain misalnya seperti pengenalan nama-nama buahataupun nama-nama hewan serta anggota-anggota tubuh pada Pendidikan Anak Usia Dini yang sampai saat ini merupakan media belajar yang sangat diminati dikalangan anak-anak. CAI sangat efektif dan efisien bila dibanding dengan pendekatan
pengajaran tradisional. Untuk memperoleh efektifitas yang tinggi,
pengembangan suatu CAI perlu perencanaan yang baik dan matang. Sehingga tidak akan mudah ditinggalkan oleh penggunanya karena pengguna mungkin akan pindah ke lain program, kebanyakan salah satu faktor utamanya yakni BOSAN.
Baca Juga : Berbagai Cara mengatasi Flashdisk Error/Rusak
Baca Juga : Berbagai Cara mengatasi Flashdisk Error/Rusak
Ada Aksi Pasti ada reaksi, itu memang hukum yang berlaku. Semakin berkembangnya CAI di kalangan pelajar. Disatu sisi memang sangat menguntungkan, namun disisi lain pastilah ada efek negatif yang diimbulkan dari adanya CAI tersebut. Namun dari beberapa pengungkapan yang akan saya paparkan disini adalah beberapa keunggulan, kenapa demikian, karena saya mengangkat tema CAI ini untuk memperkenalkan dan menyebarluaskannya. Jadi, kalau saya memaparkan keburukannya pastilah oramg-orang atau kawand-kawandku tidak akan menyukainya dan justru akan meninggalkannya. Maka, sia-sia donk aku menulis artikel tapi kalau pembacanya tidak tertarik. Nah, langsung saja, Menurut Bright (1983: 144-152), bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional, CAI sangat
efektif dan efisien. Anak didik akan belajar lebih cepat,
menguasai materi pelajaran lebih banyak dan mengingat lebih banyak dari
apa yang sudah dipelajari. Dalam studi meta analisisnya terhadap
hasil-hasil penelitian tentang efektifitas CAI selama 25 tahun, Kulik dkk.(1980: 525-544) menyimpulkan bahwa:
- Siswa belajar lebih banyak materi dari komputer (melalui CAI)
- Siswa mengingat apa yang telah dipelajari melalui CAI lebih Lama
- Siswa membutuhkan waktu lebih sedikit
- Siswa lebih betah di kelas
- Siswa memiliki sikap lebih positip terhadap komputer
Merasa tertarik, kalau aku sih banget kawand, Namun juga harus diperhatikan bahwa pembuatan CAI harus bisa seefektif mungkn dan semenarik mungkin agar disenangi oleh pelajar, apalagi yang masih anak-anak, seperti yang sudah saya tuliskan diawal paragraf, sehingga tidak menjadikan penggunannya BOSAN. Dari beberapa efektivitas yang dapat ditwarkan oleh CAI, pembuatan bisa berupa beberapa tipe yang terdapat dalam CAI. Beberapa tipe CAI ini yakni :
a. Drill and Practice (Latihan dan Praktek)
Tipe
Drill and Practice menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara
berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar
menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat
lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang
matematika atau faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada
Drill and Practice, komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan
nilai, contoh jawaban yang salah dan pengulangan dengan contoh-contoh
masalah yang telah dijawab secara tidak benar.
b. Tutorial
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang
telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada
program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang
telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum
yang ada. Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk
memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga
untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana
menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk
mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga
harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini
menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai
kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan
balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke
informasi baru.
c. Simulation (simulasi)
Tipe
simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan pada aplikasi
nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan siswa-siswa untuk
bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk mengajar
pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan
pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat
memberikan suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin
dapat dilakukan di ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada
lingkungan sebenarnya.
d. Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe
Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa untuk
menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh.
Program ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah,
analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini
akan membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi
pemecahan masalah mereka.
e. Instructional/ Educational Games
Tipe
Instructional atau Educational Games merupakan program yang menciptakan
kemampuan pada lingkungan permainan. Permainan diberikan sebagai alat
untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur permainan
secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.
Terima Kasih . !
33 comments
kalo di saya mah CAI itu AIR mas :d
cuma bisa nyimak aja mas belum paham mudah-mudah setelah membaca postingan ini bisa mendapatkan pencerahan tentang Computer Aided instruction ini
saya belum paham mas... CAI baru paham, air khan :d
jadi belajarnya jdi fun ya Mas..!
CAI ini apa sudah ada di Indonesia..sepertinya aku baru dengar istilah ini...
keep happy blogging always,,salam dari makassar ;-)
saya malah lebih farah bang...dua kali baolak balik baca ngga ngerti juga...apa karena kita ini udah tuwa kali ya bang...
selamat malam mas ibnu, berkunjung di malam hari untuk ikut meramaikan blog ibnu ibnu ;)
Terus terang saya baru tau malah tentang CAI ini
, Terimakasih sharenya Maz 
bahasannya tinggih nih.. kagak ngerti.. hhi..
maaf ya gan baru bisa kunjungan..
CAI memang bisa membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran yang dibahas. waktu kuliah saya pernah dapat software untuk belajar mandarin, dan sampai sekarang, walaupun banyak yang lupa, tapi saya masih ingat bahasa mandarinnya 1-5. i, er, san, se, wuu, lie.. hahhaa...
Suatu pembelajaran yang penting sekali nih Mas Ell
saya belum tau sampai kesitu, ijin belajar yah Mas Ell Ibnu makasih
wah jadi sistem pembelajaran yg baru yah, smoga sih udah cocok nih diterapkan di sekolah2 di indonesia..
makin keren aja mas postingan nya sangat mencerahkan bagi yang sedang belajar komputer ya ;)
ikut menyimak pelajaran komputer hari ini mas ell
kunjungan pagi ke mas Ell, baca2 artikel menarik seputar Komputer, hehehe...
Jadi CAI ini penting banget ya mas keberadannya... biarpun saya agak kurang mengerti, tapi ya dikit-dikit paham kok.. hehe
(
btw, maaf nih baru bisa berkunjung
jadi binggung nih.. kok bisa mikir air
Untuk lebih jelasnya CAI itu bahasa sundanya air, begitu maksud kang marnes, mas ell...
Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!
Emoticon