[Pemrograman] Pemrograman Dekstop


Image By : blog.ub.ac.id

Selamat Siang .!
Setelah kita belajar tentang Pemrograman Web kemarin, tentu ada pemrograman yang lain selain itu. Dari segi tujuan para programmer membuat sebuah aplikasi salah satu contoh lain ialah pemrograman yang berbasis Dekstop. Tentu kita sebagai pemakai komputer sering berinteraksi dengan aplikasi berbasis dekstop ini. Menurut bahasa yang telah saya sederhanakan sendiri, Pemrograman Dekstop ialah sebuah imtruksi yang dimasukkan oleh programmer dalam membuat sebuah aplikasi yang sifatnya tidak memerlukan koneksi Internet. Jadi tanpa adanya jaringan internet aplikasi dekstop ini bisa digunakan dengan mudah. Namun, Sesuatu itu pasti punya kelebihan dan kekurangan, Diantara dari kekurangan aplikasi basis dekstop ini ialah harus diinstal terlebih dahulu, meski versi prtable sekarangpun juga sudah banyak beredar. 

Ditinjau dari segi penggunaan sintaks dalam penulisan script, Pemrograman Dekstop dibagi menjadi tiga golongan besar, terlepas dari dengan apa programmer tersebut membuatnya. Tiga diantaranya adalah :

1. NET 
Net Merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai ruang lingkup paling besar dari dua pemrograman yang lain yang akan saya paparkan. Dimana Net ini dikembangkan oleh Microsoft untuk mengembangkan software. Net Framework dikembangkan oleh Microsoft  untuk merancang pengembangan bahasa pemrograman berbasis dekstop khususnya bahasa C# (C Sharp) dan Visual Basic sehingga lebih mudah dalam mengembangkannya dan memudahkan user dalam penggunaannya. Dilihat dari segi kelebihannya, yaitu dapat memungkinkan kita membuat aplikasi windows base  yang di launch melalui Internet Explorer sehingga kita dapat memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web, namun memiliki kekurangan yaitu pemborosan memori/penyimpanan.

2. JAVA
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer, bahkan banyak dijalankan di telepon genggam. Java adalah bahasa yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem sejak tahun 1995. Java dilengkapi dengan berbagai vitur yang mendukung programmer dalam pengembangannya, misalnya dukungan java virtual machene, garbage collection dan code security. Kelebihan yang lain yaitu java bisa dijalankan dengan berbagai multiplatform. Namun juga memiliki kekurangan yakni besarnya kapasitas memori kemudian mudahnya melakukan dekompilasi.

3. DELPHI
Delphi merupakan bahasa pemrograman dekstop maupun web yang berbasis windows. Menggunakan bahasa turunan dari pascal yang biasa disebut dengan  objek pascal. Mendukung object oriented programming (OOP) . Dahulu bahasa ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi . Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows, namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft .NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE .


Terima Kasih .!


20 comments

wuiiih,,,, programmer juga tah ?

Balas

belajar maz . .hehe

Balas

Bermanfaat sekali sob... nambah wawasan
terimakasih..

ficripebriyana.blogspot.com

Balas

VB gak termasuk ya sob?

ijin follow sob blognya
jgn lupa follbacknya sob

Balas

iya maz...thankss kunjungannya , , ,

Balas

VB termasuk yang (DOT) NET ... maz . .buatan Microsoft . ..

oke maz, , ,folback meluncur derass . .

Balas

wah dapat ilmu baru nich tentan pemograman, saya malah nggak paham mas tentang pemograman hehehe :D
thanks informasinya ya :)

Balas

hehe, oiya sob tadi bacanya sekilas

Balas

wah wah ilmu baru lagi buat ane nih gan :D

Balas

ooh jadi net c dan c# itu bagia dari NET ya.. wah dapat ilmu lagi.

Balas

makasih gan udah share

Balas

iya maz...

Balas

iya mbak ririn . . .

Balas

iyaa . . .thanks ya kunjungannya

Balas

iya maz, , ,thanks kunjungannya

Balas

mas ell ibnu rupanya mahir dalam pemrograman, terimakasih sudah berbagi pengetahuan kepada sahabat bloggermu ini yang kurang memahami. selamat hari senin!

Balas

selamat hari senin mbak elsa . . .
masih belajar mbak . .

Balas

saya akan sering maen kesinih ah...kebetulan kantorku nyuruh saya mendalami soal pemrograman.

Balas

hemmz,,iya maz,,terima kasih

Balas

iya maz,,,buat saya juga , , ,

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon