[Komputer] Komponen - Komponen Komputer


Selamat Pagi .!
Seperti yang kita ketahui ketika membongkar sebuah komputer rakitan atau lebih dikenal dengan PC (Personal Computer) disana terdapat banyak sekali kabel, dan bermacam-macam komponen. Namun ada bebarap komponen yang sangat vital dalam membangun sebuah komputer, yang tanpa komponen ini dipastikan komputer tidak akan bisa bekerja secara normal. Komponen tersebut antar lain :

1. Motherboard
Motherboard  adalah komponen yang penting dalam membangun komputer. Fungsi utama dari motherboard ini adalah sebagai wadah untuk pemasangan komponen komputer yang lain, Motherboard termasuk rangkain sirkuit atau lebih dikenal dengan PCB untuk memasang komponen pendukung komputer yang lain.

2. Procesor
Procesor meruapakan otak dari komputer, tentunya kita sudah mengetahui fungsi dari otak. Demikian juga dengan procesor serupa namun beda bentuk dengan otak manusia, procesor ini berfungsi sebagai pengolah data inputan yang akan dikeluarkan berupa outputan.

3. Ram
RAM (Random Acses Memory) adalah penyimpan data sementara, atau bisa dikatakan dengan bahasa sederhana yaitu penyimpan perintah sementara, jadi apabila user mengintruksikan sesuatu, sebelum masuk kedalam procesor, akan disimpan terlebih dahulu di dalam RAm ini.

4. Harddisk 
Merupan sebuah wadah penyimpanan yang bersifat tetap atau kekal. Sebenarnya dari fungsi yang paling nyata terassa yaitu tersimpannya sebuah atau bahkan dua buah Operating system yang tersimpan didalam harddisk ini sebagai penghubung antara pengguna dan hardware.

5. Power supply
Power supply merupan pencatu daya yang yang merupakan pengubah arus AC menjadi DC, yang memberikan tegangan pada komponen komputer yang membutuhkan sehingga dapat digunakan.

5. Keybord
Merupakan sebuah alat inputan yang berguna untuk memasukkan karakter yabg berupa huruf angka maupun simbol. atau bisa juga berupa perintah-perintah shortcut didalamnya.

6. Mouse
Sama halnya dengan keybord, Mouse ini berfungsi sebagai alat inputan yang digunakan untuk menggerakkan kursos, kemudian mengeksekusinya secara cepat. Pengunaan mouse biasanya lebih dominan pada OS basis grafis.

7. Casing.
Merupan pelindung dari angkaian beberapa komponen utama komputer, Biasanya orang mengabaikan casing ini dengan membeli yang murah, padahal menurut pernyataan bebarapa pengamat komputer dan pengalaman pribadi, Casing ini sama pentingnya dengan komponen yang lain, jadi harus memilih yang bagus dalam pembeliannya.

8. Monitor
Monitor merupakan alat output yang dapat dilihat dan diperintah dengan mouse ataupun keybord. Monitor ini ada banyak jenisnya sampai saat ini. Fungsi utama dari monitor ini yaitu sebagai penampil output yang diintruksikan oleh user.


Terima Kasih.!


10 comments

makasih artikelnya, sekarang aku jadi lebih tau tentang komponen2 komputer

Balas

Ini yang sangat perlu diketahui bagi para pengguna pc termasuk saya..
Terimakasih infonya Mas :)

Balas

lumayan..informasi dasar nich buat yg blm tahu komponin sbuah PC/LAPTOP.

Balas

jadi inget lagi pertama kali make komputer.
makasih ah

Balas

Cuma bisa nyimak aja nih sebab saya pengguna hp..tapi boleh dipelajari siapa tau ntar punya

Balas

iya maz ...sama sama . . .thanks kunjungannya . .

Balas

iya maz . . .
thanks kunjungannya . .

Balas

iya . .maz
khusunya buat saya sendiri juga . .

Balas

hheehe . .akang niy bisa aja . .

Balas

yaahh sebenarnya hampir saama kok hp sama kompi ..

Balas

Setiap Komentar Akan Saya Usahakan Dibalas Secepatnya . !!


Emoticon